Google Rampingkan Aplikasi Perpesanan dengan Gabungkan Duo dan Meet
Beberapa fitur Google Meet pertama yang hadir di Google Duo. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Google sering memiliki gejolak dengan aplikasi perpesanannya, dan salah satu langkah yang diambil untuk membantu meminimalkan jumlah aplikasi yang dimilikinya adalah dengan menggabungkan Google Meet ke dalam aplikasi Google Duo.

Dengan sistem obrolan video yang lebih pribadi, Google Duo akan menyatu dengan sistem video Google Meet yang lebih profesional dan mereka akan disebut dengan satu nama, Google Meet.

Perusahaan dalam pengumumannya mengatakan, pengguna Google Duo tidak perlu mengambil tindakan apa pun selama mereka menginstal versi terbaru dari aplikasi.

Transisi diharapkan akan dimulai dalam beberapa minggu mendatang dengan fitur Google Meet ditambahkan ke aplikasi Google Duo dan paling lambat selesai pada akhir tahun ini.

Setelah selesai, aplikasi Google Duo akan menyertakan fitur dari kedua sistem komunikasi. Beberapa fitur Google Meet pertama yang hadir di Google Duo seperti latar belakang virtual khusus untuk komunikasi video, penjadwalan rapat, ruang obrolan dalam rapat.

Ada pula berbagi langsung konten dalam panggilan, teks tertutup waktu nyata, batas panggilan video meningkat dari 32 menjadi 100 peserta, integrasi alat Google dengan Gmail, Google Calendar, Assistant, Messages dan lainnya.

Ini adalah perubahan yang cukup besar untuk aplikasi, diklaim merupakan upaya untuk membuat layanan lebih efisien bagi pengguna, yang hanya ingin melakukan obrolan video dengan teman dan mengadakan rapat.

Google Meet tersedia untuk semua orang pada 2020 dan merupakan pesaing yang layak bagi orang-orang seperti Zoom dan Microsoft Teams.

“Yang benar-benar penting adalah memahami bagaimana orang membuat pilihan tentang alat apa yang akan mereka gunakan, untuk tujuan apa, dalam situasi apa,” ungkap kepala Google Workspace Javier Soltero kepada The Verge yang dikutip dari Digital Trends, Kamis, 2 Juni.

Melansir 9to5Google, Google Duo sendiri memiliki 5 miliar unduhan Android, dibandingkan dengan Google Meet, yang memiliki lebih dari 100 juta unduhan. Namun, tampaknya jelas bahwa penggabungan kedua aplikasi hanyalah permainan angka, bukan menghapus Google Duo sama sekali.