Bagikan:

JAKARTA – Google Meet (Original), yang telah dihapus dari Google Play Store pada pertengahan tahun lalu, akhirnya berhenti berfungsi. Aplikasi tersebut masih bisa dibuka, tetapi seluruh fiturnya sudah tidak tersedia.

Platform ini awalnya bernama Hangout Meet, kemudian berubah menjadi Meet pada April 2020. Dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2022, Google Duo digabungkan dengan Google Meet sehingga aplikasi Meet ada dua.

Untuk menghindari kebingungan, platform yang sebelumnya bernama Hangout Meet ini berubah menjadi Google Meet (Original). Memiliki dua aplikasi dengan fungsi yang hampir sama merupakan perbuatan yang sia-sia sehingga aplikasi ini resmi dihapus.

Google menggabungkan seluruh fitur yang sebelumnya ada di Hangout atau Duo ke dalam Meet dan menghilangkan salah satu aplikasinya. Meski Meet (Original) sudah dihapus, aplikasi ini masih bisa diakses selama setahun terakhir jika telah terunduh.

Aplikasi yang sudah dihapus dari Google Play Store biasanya akan mati pada waktunya, begitu pun dengan Meet (Original). Setelah kabarnya hilang selama beberapa bulan belakangan ini, 9to5google akhirnya menemukan bahwa aplikasi ini sudah tidak berfungsi.

Kini saat aplikasinya dibuka, Google menjelaskan bahwa aplikasi tersebut sudah tidak bisa digunakan. Pengguna akan diminta untuk mengunduh aplikasi Meet lainnya yang memiliki, "fitur-fitur baru seperti reaksi dan kemampuan untuk menelepon pengguna Meet lainnya secara langsung."

Bahkan, Beranda Google Meet (Original) menyediakan tombol langsung yang dapat mengarahkan pengguna ke aplikasi Meet saat ini. Dengan munculnya pesan ini, pengguna Meet (Original) sebaiknya meninggalkan aplikasi tersebut dan beralih ke Meet yang lebih baru.