Uji Coba Berbagi Sandi dalam Satu Akun di Netflix Justru Bingungkan Para Pengguna  di Amerika Latin
Uji coba berbagi sandi di Netflix kurang sukses. (foto; dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Uji coba Netflix untuk menindak berbagi kata sandi di antara penggunanya , dilaporkan telah membuat beberapa pengguna bingung. Menurut laporan dari Rest of World, layanan streaming ini mulai bereksperimen dengan solusi berbagi kata sandi di Peru, Chili, dan Kosta Rika pada Maret lalu yang mendorong pelanggan di pasar ini untuk membayar biaya tambahan agar memungkinkan streaming bagi orang lain di luar rumah mereka dengan menggunakan akun yang sama.

Ketika berbicara dengan lebih dari selusin pelanggan Netflix di Peru, RoW menemukan bahwa sebagian besar pengguna tidak secara resmi mengetahui perubahan kebijakan itu melalui email atau pemberitahuan yang dikirim oleh Netflix. Bahkan dua bulan dari pengumuman awal Netflix.

Outlet tersebut juga mengetahui bahwa tingkat penegakan Netflix bervariasi dari pengguna ke pengguna, dengan beberapa pengguna di akun bersama melaporkan bahwa mereka mengabaikan permintaan validasi tanpa penalti kepada pemilik akun.

Pengguna lain memberi tahu Rest of World bahwa mereka tidak pernah mendapat kabar tentang perubahan kebijakan dan terus membagikan akun mereka tanpa masalah.

Ada juga kebingungan seputar definisi Netflix tentang "rumah tangga" karena beberapa orang mungkin menganggap anggota keluarga dekat mereka sebagai bagian dari rumah tangga. Netflix pun menyadari ambiguitas itu.

Seorang perwakilan dukungan pelanggan anonim di Peru dilaporkan memberi tahu RoW bahwa dia telah diminta untuk memberikan kode verifikasi kepada pelanggan yang menelepon tentang memiliki seseorang di dalam rumah mereka menggunakan akun mereka dari lokasi lain. Ini memungkinkan anggota di luar rumah pelanggan untuk terus menggunakan akun bersama secara gratis.

“Sementara kami mulai mengerjakan berbagi berbayar lebih dari 18 bulan yang lalu, kami telah jelas selama lima tahun bahwa 'Akun Netflix adalah untuk orang-orang yang tinggal bersama dalam satu rumah tangga,'” kata juru bicara Netflix, Kumiko Hidaka, dalam pernyataan email kepada The Verge.

“Jutaan anggota yang secara aktif berbagi akun di negara-negara ini telah diberi tahu melalui email, tetapi mengingat pentingnya perubahan ini, kami meningkatkan pemberitahuan dalam produk lebih lambat. Kami senang dengan tanggapannya hingga saat ini,” kata Hidaka, seperti dikutip Netflix.

Biaya untuk akun tambahan lebih murah daripada mendaftar untuk akun baru yang terpisah. Netflix mengenakan biaya tambahan 2.380 CLP (Rp 42 ribu) di Chili, 2,99 dolar (Rp 44 ribu) di Kosta Rika, dan 7,9 PEN (Rp 31 ribu) di Peru untuk menambahkan hingga dua pengguna yang berada di luar rumah tangga pemegang akun.

Tindakan keras terhadap pembagian kata sandi akan segera terjadi setelah Netflix melaporkan kehilangan pelanggan untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade dalam laporan pendapatan terbarunya, meskipun masih memiliki 74,58 juta pelanggan di AS dan Kanada dan 222 juta secara global.

Netflix akan mengalami beberapa perubahan saat berusaha mencari pelanggan baru — dan berjuang untuk mempertahankan pelanggan yang dimilikinya dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Eksekutif Netflix dilaporkan memberi tahu karyawan bahwa perusahaan akan memperkenalkan rencana streaming yang lebih murah dan didukung iklan dalam tahun ini, menawarkan cara yang lebih murah