Siap-siap! Pengguna Netflix Tak Lagi Bisa Berbagi Kata Sandi Akun Tanpa Membayar Biaya Tambahan
Netflix tengah menguji fitur baru, add-on untuk menindak praktik berbagi kata sandi. (foto: Yousafbhutta / Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Netflix tengah menguji fitur baru, add-on untuk menindak praktik berbagi kata sandi yang sudah berlangsung lama. Adanya fitur ini, pengguna akan dikenakan biaya tambahan.

Uji coba opsi add-on akan berfungsi untuk pelanggan yang membagikan kata sandi mereka dengan orang-orang di luar rumah mereka, tetapi dengan biaya tambahan sebesar 3 dolar AS atau setara Rp42.000 untuk dua orang anggota tambahan.

“Kami selalu memudahkan orang yang tinggal bersama untuk berbagi akun Netflix mereka, dengan fitur seperti profil terpisah dan beberapa aliran dalam paket Standar dan Premium kami. Meskipun ini sangat populer, mereka juga membuat beberapa kebingungan tentang kapan dan bagaimana Netflix dapat dibagikan," ujar Direktur Inovasi Produk di Netflix, Chengyi Long.

"Akibatnya, akun dibagikan di antara rumah tangga memengaruhi kemampuan kami untuk berinvestasi di TV dan film baru yang hebat untuk anggota kami," imbuhnya.

Selama beberapa minggu ke depan, fitur tersebut baru akan diuji di Kosta Rica, Chile, dan Peru. Pelanggan pada paket standar dan premium Netflix akan dapat menambahkan sub-akun Anggota Ekstra hingga dua orang tambahan yang tidak tinggal bersama mereka dengan biaya yang telah ditetapkan.

"Kami akan bekerja untuk memahami kegunaan dari dua fitur ini untuk anggota di tiga negara ini sebelum membuat perubahan di tempat lain di dunia," kata Netflix.

Setiap sub-akun akan memiliki profil dan kata sandinya sendiri. Untuk memfasilitasi perubahan, pelanggan di semua tingkatan dapat memungkinkan orang yang sekarang membagikan akun mereka untuk mentransfer profil mereka, baik ke akun baru atau sub-akun.

Dikutip dari 9to5Mac, Kamis, 16 Maret, pengguna yang ingin menggunakan akun mereka sendiri di luar rumah masih dapat melakukannya, tetapi mereka mungkin diminta untuk mengonfirmasi identitas mereka dengan kode verifikasi.

Ini hanya upaya terbaru Netflix untuk menindak pembagian kata sandi. Tahun lalu, perusahaan meluncurkan uji coba di mana meminta pengguna yang tidak tinggal dengan pemilik akun untuk membuat akun mereka sendiri agar dapat terus menonton.