Berbagi Akun di Netflix Berakhir Maret 2023, Akun Hanya Bisa Dibagikan untuk Keluarga Dekat
Kebijakan  berbagi kata sandidi Netflix akan dilarang pada akhir Maret tahun ini.

Bagikan:

JAKARTA – Apa yang selama ini  dikhawatirkan oleh 'freeloader' Netflix akan segera tiba. Kebijakan  berbagi kata sandi akan dilarang pada akhir Maret tahun ini.

Perusahaan asal Scotts Valley, California itu  membagikan berita tersebut dalam sebuah surat kepada pemegang saham, yang mencatat bahwa 'berbagi akun secara luas' telah melampaui lebih dari 100 juta pemirsa.

Namun, para pelanggan ini akan dapat mentransfer profil mereka ke akun berbayar baru, yang memungkinkan mereka untuk meneruskan preferensi mereka.

Netflix mengatakan tahun 2022 telah menjadi 'tahun yang berat' karena kehilangan pelanggan pertamanya dalam lebih dari satu dekade. Bahkan  basis pelanggannya turun sebanyak 200.000 pelanggan pada kuartal pertama.

“Berbagi akun yang tersebar luas hari ini merusak kemampuan jangka panjang kami untuk berinvestasi dan meningkatkan Netflix, serta membangun bisnis kami,” kata Netflix dalam suratnya yang dikutip Daily Mail.

“Meskipun ketentuan penggunaan kami membatasi penggunaan Netflix untuk satu rumah tangga, kami menyadari ini adalah perubahan untuk anggota yang berbagi akun secara lebih luas,” ungkap Netflix.

Netflix,  menyadari beberapa pengguna akan membatalkan akun langganan mereka, tetapi pembagian tersebut dapat mentransfer profil jika mereka memilih untuk membuka akun mereka sendiri.

"Kami yakin polanya akan serupa dengan apa yang telah kami lihat di Amerika Latin, dengan keterlibatan yang tumbuh dari waktu ke waktu karena kami terus memberikan rangkaian program yang bagus dan peminjam mendaftar untuk akun mereka sendiri," kata perusahaan kepada para pemegang saham.

Netflix telah berusaha untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan, sambil melayani konsumen.

Pada November 2022, mereka meluncurkan opsi langganan 'Dasar dengan Iklan' seharga  6,99 dolar AS per bulan, dibandingkan dengan versi bebas iklan seharga  9,99 dolar AS per bulan. Dalam opsi iklan itu, maka tayangan iklan, yang berdurasi 15 atau 30 detik, diputar sebelum dan selama pertunjukan dan film.

Kini menjelang larangan berbagi kata sandi baru-baru ini, layanan streaming itu juga mengungkapkan rencana untuk opsi berbagi berbayar, untuk beberapa pengguna di akun yang sama.

Di bawah aturan baru, orang yang menonton Netflix menggunakan akun orang lain harus membuat login sendiri dan membayar akses mereka sendiri.

Pengujian fitur baru sedang berlangsung, sementara peluncuran di seluruh platform diharapkan mulai berlaku pada akhir Maret.

Untuk memungkinkan orang berbagi akun, 'berbagi berbayar' akan ditambahkan, memungkinkan banyak pengguna tetapi dengan biaya kurang dari langganan penuh.

Akun itu sudah dilengkapi dengan lima 'profil', tetapi ini hanya untuk digunakan oleh anggota rumah tangga yang sama.

"Setiap akun dilengkapi dengan lima profil yang dapat digunakan oleh setiap anggota rumah tangga," kata juru bicara Netflix.

Opsi baru hadir jika orang ingin membagikan akun Netflix mereka dengan teman dan keluarga yang tinggal di tempat lain.