Rahasia Netflix: Akses Koleksi Tersembunyi dan Rencana Larangan Berbagi Password
Netflix menggunakan algoritma yang menyesuaikan pengalaman halaman depan. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda bosan melihat tayangan yang sama di Netflix, ada cara untuk mengakses katalog rahasia yang berisi ratusan judul tersembunyi yang tidak terlihat di platform utama.

Katalog alternatif ini dapat diakses menggunakan kode yang terkait dengan genre tertentu, seperti High Brow Horror, Irreverent TV Comedies, dan film 90 menit.

Ada dua cara untuk mengakses koleksi rahasia ini. Pertama, dari desktop dengan mengetik 'netflix.com/browse/genre/' ke URL dan menambahkan kode ID unik. Kedua, jika Anda menggunakan Netflix di TV, Anda dapat mengetikkan kode ke kolom 'search'. Kode-kode ini berupa angka yang mewakili kategori yang tersembunyi di dalam perpustakaan Netflix dan terhubung dengan konten yang ditawarkan pada awal pendirian perusahaan.

Di situs atau aplikasi utama, Netflix menggunakan algoritma yang menyesuaikan pengalaman halaman depan setiap pelanggan dengan mengumpulkan minat pengguna dan data riwayat tontonan.

Namun, Netflix membuat berita dunia karena keputusannya yang kontroversial. Situs streaming ini mengumumkan bahwa mereka akan membatasi pembagian kata sandi tahun ini, meskipun sebelumnya fitur ini digunakan sebagai alat promosi. Pelarangan total diperkirakan akan terjadi bulan ini di AS.

Perusahaan tersebut membagikan berita tersebut dalam surat untuk para pemegang saham, dengan mencatat bahwa 'pembagian akun secara luas' telah melebihi 100 juta penonton.

Namun, mereka yang membagikan kata sandi akan dapat mentransfer profil mereka ke akun berbayar baru, sehingga mereka dapat mempertahankan preferensi mereka.

Pembatasan berbagi ini dilakukan sebagai respons atas kehilangan pelanggan pertama Netflix dalam lebih dari satu dekade - basis pelanggannya turun sebesar 200.000 pelanggan pada kuartal pertama 2023. Situs yang terkenal bebas iklan ini juga memperkenalkan tingkat langganan yang lebih murah dengan iklan pada November 2022, yaitu opsi 'Basic with Ads' seharga  6,99 DOLAR as (Rp135 ribu) er bulan, yang berbeda dari akun standar seharga  9,99 dolar AS (Rp150 ribu). Iklan berdurasi 15 atau 30 detik dan diputar sebelum dan selama tayangan.

Menjelang pelarangan pembagian kata sandi baru-baru ini, layanan streaming ini mengungkapkan rencana untuk opsi berbayar berbagi. Opsi ini akan diperuntukkan bagi pengguna yang ingin menggunakan akun yang sama dengan beberapa orang.

Dalam aturan baru ini, orang yang menonton Netflix menggunakan akun orang lain harus membuat login sendiri dan membayar aksesnya sendiri.

Untuk memungkinkan orang berbagi akun, 'paid sharing' akan ditambahkan, yang memungkinkan penggunaan akun oleh beberapa orang tetapi dengan biaya lebih rendah dari langganan penuh.

Akun Netflix sudah dilengkapi dengan lima profil, namun hanya untuk digunakan oleh anggota keluarga yang sama.

"Setiap akun dilengkapi dengan lima profil yang dapat digunakan oleh anggota keluarga," kata juru bicara Netflix, dikutip Daily Mail.

Opsi baru akan tersedia jika orang ingin membagikan akun Netflix dengan teman dan keluarga yang tinggal di tempat lain.