Netflix Ad-Supported Tier Capai Satu Juta Akun di Amerika Serikat
Netflix adalah layanan streaming berlangganan.(foto: dok.pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Netflix adalah layanan streaming berlangganan yang berfungsi dengan cara memberikan akses tak terbatas ke konten mereka untuk biaya bulanan tertentu. Namun seiring pendapatan yang menurun Netflix mulai menawarkan fitur berlanganan yang lebih murah dengan konsekuensi terdapat iklan. 

Sebelumnya,  beberapa platform streaming lain seperti Hulu dan Amazon Prime Video menawarkan langganan yang memungkinkan iklan ditampilkan dalam konten yang diputar. Alasan mengapa platform-platform ini menawarkan opsi ini adalah untuk menawarkan harga yang lebih terjangkau bagi pelanggan mereka yang tidak keberatan dengan iklan.

Menurut data internal yang dilihat oleh Bloomberg, sekitar satu juta akun sekarang telah mendaftar ke tier Netflix yang didukung iklan di AS. Tier ini pertama kali diluncurkan pada awal November 2022 dan diduga memulai dengan lambat. Namun pada Januari, 19 persen pendaftaran baru di AS memilih tier yang didukung iklan seharga 6,99 dolar AS, menurut perusahaan analitik Antenna.

Bloomberg memperingatkan bahwa data internal yang dilihatnya "setidaknya" sudah berusia satu bulan dan tidak memperhitungkan pengguna yang menonton melalui akun yang sama. Namun, angka-angka tersebut menunjukkan bahwa Netflix sedang menemukan pijakan dengan arus pendapatan baru ini setelah selama sebagian besar sejarahnya sangat bergantung pada pendapatan langganan.

Bloomberg mencatat bahwa pelanggan yang didukung iklan tampaknya baru menggunakan layanan ini, bukan pengguna yang menurunkan tier tradisional tanpa iklan.

Analisis Antenna menunjukkan pergeseran Netflix ke model yang didukung iklan lebih lambat daripada pesaingnya, HBO Max dan Disney Plus, ketika keduanya memperkenalkan tier iklan mereka pada Juni 2021 dan Desember 2022.

Pada bulan ketiganya, 36 persen pendaftaran baru Disney Plus memilih tier yang didukung iklan, dibandingkan dengan 21 persen untuk HBO Max dan 19 persen untuk Netflix. Namun, mencolok bahwa Netflix tampaknya sekarang telah memenuhi perkiraannya untuk pengiklan, setelah awalnya gagal memenuhi jaminan jumlah penonton.

Meskipun ada pertumbuhan, pengguna yang didukung iklan mewakili sebagian kecil dari basis pengguna Netflix yang mencapai 74 juta di AS. Namun, situasi ini dapat berubah dalam beberapa bulan ke depan, ketika penindakan yang telah lama dijanjikan oleh Netflix terhadap berbagi kata sandi diluncurkan lebih luas.

Jika pengguna cukup sensitif terhadap harga dan membagikan akun dengan teman, maka mereka mungkin juga cukup sensitif terhadap harga untuk memilih tier yang didukung iklan yang lebih murah.