Google Cloud Luncurkan Teknologi AI yang Terintegrasi dengan Platform ai.RETAIL Accenture
Ilustrasi kecerdasan buatan untuk retail (foto: pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Selain memperkenalkan empat solusi terbaru untuk mengefisiensi etalase toko online peritel dengan teknologi AI, Google Cloud juga telah mengumumkan inisiatif baru dengan Accenture.

Inisiatif ini diklaim dapat membantu peritel memodernisasi bisnis mereka dan memanfaatkan teknologi cloud, termasuk integrasi mendalam dengan platform ai.RETAIL oleh Accenture yang diadopsi secara luas.

ai.RETAIL Accenture adalah solusi terintegrasi yang membantu peritel memanfaatkan data dan AI dengan lebih baik untuk mengoptimalkan sistem dan program umum, seperti akuisisi pelanggan, penetapan harga dan promosi, bermacam-macam, dan rantai pasokan. 

Peritel kini dapat menerapkan platform ai.RETAIL di Google Cloud, artinya platform ini diperluas ke infrastruktur tepercaya Google Cloud dan terintegrasi dengan berbagai produk dan kemampuan Google Cloud. Fitur dan manfaat baru dari solusi ini meliputi:

Analisis rantai pasokan terpusat: Didukung oleh Accenture's Intelligent Supply Chain Platform, dan dengan integrasi yang lebih mendalam di seluruh produk Google Cloud seperti Looker dan BigQuery, pelanggan kini dapat mengatur data dengan lebih baik dan memberikan tampilan real-time dari metrik rantai pasokan terpenting mereka, termasuk pengadaan, logistik, inventaris, dan penjualan. 

Pengalaman pelanggan yang dikustomisasi: ai.RETAIL kini memanfaatkan solusi Discovery AI Google Cloud untuk ritel, yang dapat mengurangi pengabaian penelusuran melalui kemampuan penelusuran berkualitas Google, memberikan rekomendasi yang dikustomisasi dalam skala besar, dan membantu pembeli menemukan produk dengan menggunakan gambar.

Pengoptimalan yang beragam: Dengan menggunakan BigQuery, Looker, dan Vertex AI, ai.RETAIL kini menghadirkan kemampuan pengelompokan toko baru yang akan membantu peritel mengidentifikasi, mengelompokkan, dan mengoptimalkan toko dengan karakteristik serupa, menyempurnakan strategi untuk bermacam-macam, pengelolaan ruang, dan inventaris. 

“Dengan pergeseran kebiasaan pembelian konsumen, sekarang lebih dari sebelumnya, peritel perlu berinvestasi dalam membangun inti digital – yang mencakup fondasi data yang solid, ML, dan AI," ujar Sridhar Subramanian, Managing Director, Google Business Group Accenture di Asia Pasifik dalam keterangan yang diterima pada Senin, 20 Maret. 

Didukung oleh cloud, Sridhar mengatakan bahwa teknologi ini dapat membantu klien menemukan tren, membuat keputusan lebih cepat, dan mengatur ulang bisnis berulang kali saat pasar berubah. 

"Dengan yang terbaik dari platform ai.RETAIL terintegrasi Accenture dan teknologi Google Cloud, perusahaan sekarang dapat mengakses produk dan kemampuan untuk membantu meningkatkan interaksi dan konversi konsumen, serta membuat rantai pasokan mereka lebih berkelanjutan," pungkasnya.