Google Cloud Investasikan Rp4,5 Triliun ke <i>Startup</i> Kecerdasan Buatan Anthropic
Google Cloud dilaporkan telah menginvestasikan 300 juta dolar AS (Rp 4,5 triliun) ke perusahaan rintisan kecerdasan buatan (AI) Anthropic. (foto: twitter @AnthropicAI)

Bagikan:

JAKARTA - Google Cloud dilaporkan telah menginvestasikan 300 juta dolar AS (Rp 4,5 triliun) ke perusahaan rintisan kecerdasan buatan (AI) Anthropic, yang juga menerima dana lebih dari 500 juta dolar AS (Rp 7,5 triliun) dari mantan CEO FTX, Sam Bankman-Fried ,sekitar enam bulan sebelum FTX bangkrut.

Angka 300 juta dolar AS seperti dilaporkan oleh Financial Times pada 4 Februari. Anthropic mengonfirmasi kemitraan investasi dengan Google Cloud pada hari yang sama meskipun tidak mengungkapkan angkanya.

Dalam pengumuman yang sama, Anthropic juga mengonfirmasi bahwa mereka sebelumnya mendapatkan modal dari Bankman-Fried dan mantan CEO Alameda Research, Caroline Ellison, antara lain, dalam putaran penggalangan dana Seri B.

“Putaran Seri B dipimpin oleh Sam Bankman-Fried, CEO FTX. Putaran tersebut juga melibatkan partisipasi dari Caroline Ellison, Jim McClave, Nishad Singh, Jaan Tallinn, dan Center for Emerging Risk Research (CERR),” kata Anthropic, dikutip Cointelegraph.

Menurut Crunchbase, upaya penggalangan dana yang dipimpin oleh Bankman-Fried berlangsung pada April 2022.

Sebuah posting baru-baru ini oleh The New York Times melaporkan bahwa dari 580 juta dolar AS yang terkumpul, dan sekitar 530 juta dolar AS berasal dari Bankman-Fried dan mantan mitra bisnisnya. Namun beberapa sumber yakin angka itu bahkan lebih tinggi.

Salah satu kreditor FTX yakin saham Bankman-Fried di perusahaan AI bisa mencapai 1,1 miliar dolar AS. Namun, kreditur tidak merinci angka tersebut.

Anggota lain dari komunitas Crypto Twitter juga berspekulasi apakah saham Bankman-Fried akan digunakan untuk melunasi hutang besar yang telah diakumulasikan FTX dari kontroversi mereka baru-baru ini.

Mengenai kemitraan, Anthropic sekarang akan menggunakan GPU Google Cloud dan klaster TPU untuk melatih, memperluas, dan mengimplementasikan kotak obrolan AI-nya, yang disebut "Claude" — mirip dengan ChatGTP OpenAI. Google Cloud sendiri menerima sekitar 10% saham di Anthropic, menurut Financial Times.

Meskipun masih harus dilihat dari mana sebagian besar utang dalam kasus kebangkrutan FTX akan bersumber, Bankman-Fried secara pribadi mengaku tidak bersalah atas delapan penipuan dan tuduhan berbasis konspirasi yang diajukan terhadapnya pada 11 Januari. 3.

Bankman-Fried saat ini tetap menjadi tahanan rumah di rumah orang tuanya di California hingga tanggal persidangannya, yang ditetapkan pada 2 Oktober 2023.