CNET Lakukan Koreksi pada  41 dari 77 Berita yang Diterbitkan dengan Penulisan AI
CNET mengeluarkan koreksi pada 41 dari 77 berita yang diterbitkan outlet yang ditulis menggunakan alat AI. (foto: twitter @CNETNews)

Bagikan:

JAKARTA - CNET mengeluarkan koreksi pada 41 dari 77 berita yang diterbitkan outlet yang ditulis menggunakan alat AI (artificial intelligence). Dalam sebuah catatan yang diterbitkan Kamis, 26 Januari, pemimpin redaksi CNET Connie Guglielmo membela penggunaan alat tulis AI tetapi mengatakan bahwa tinjauan internal terhadap cerita menemukan banyak kesalahan dalam artikel yang menjadi pusat kontroversi.

Artikel dengan koreksi termasuk yang berjudul "Apa Itu Bunga Majemuk?" (“What Is Compound Interest?,”) , "Berapa Banyak yang Harus Anda Simpan dalam CD?", "Apakah Pinjaman Ekuitas Rumah Mempengaruhi Asuransi Hipotek Swasta?" dan puluhan lainnya.

Beberapa artikel, seperti ini, memiliki catatan koreksi yang berbunyi, "Kami telah mengganti frasa yang tidak sepenuhnya asli", yang menunjukkan bahwa beberapa bahasa mereka mungkin telah dijiplak.

Awal bulan ini, Futurisme menyampaikan berita bahwa CNET diam-diam menerbitkan artikel yang ditulis oleh AI selama berbulan-bulan tanpa menarik banyak perhatian publik atau membuat pengumuman resmi.

Dalam cerita lanjutan, media tersebut mencatat banyak kesalahan dalam artikel CNET tentang bunga majemuk, yang akhirnya menghasilkan koreksi yang panjang. Menyusul kesalahan tersebut, penafian muncul di bagian atas semua cerita yang ditulis oleh AI. “Kami sedang meninjau keakuratan cerita ini. Jika kami menemukan kesalahan, kami akan memperbarui dan mengeluarkan koreksi,” ungkap CNET, yang dikutip The Verge.

Minggu lalu, The Verge juga melaporkan bahwa alat otomatis telah digunakan di CNET lebih lama daripada robot penulis artikel dan staf terkadang tidak tahu apakah konten ditulis oleh mesin atau rekan kerja manusia.

Artikel yang ditulis AI dirancang untuk mempermainkan pencarian Google dengan kata kunci yang ramah SEO sehingga iklan afiliasi yang menguntungkan dapat terpampang di halaman depan. Perusahaan induk CNET, Red Ventures, yang juga memiliki publikasi seperti Bankrate, The Points Guy, dan CreditCards.com, mendapat manfaat setiap kali pembaca mendaftar untuk mendapatkan kartu kredit dari salah satu artikel yang sangat diperdagangkan.

Setelah berminggu-minggu berdebat tentang kebijakan pengungkapan CNET seputar alat AI, Red Ventures dan pimpinan CNET memberi tahu staf dalam rapat pada Jumat 20 Januari bahwa perusahaan menghentikan sementara konten yang dihasilkan AI di semua situs web. Namun, kesalahan tersebut tampaknya tidak menghentikan penggunaan alat AI CNET.

“Harapkan CNET untuk terus mengeksplorasi dan menguji bagaimana AI dapat digunakan untuk membantu tim kami saat mereka melakukan pengujian kerja, meneliti dan menyusun saran yang tidak bias dan pelaporan berbasis fakta yang kami ketahui,” tulis Guglielmo dalam memonya hari ini.

“Prosesnya mungkin tidak selalu mudah atau menyenangkan, tetapi kami akan terus menerapkannya – dan teknologi baru apa pun yang kami yakini membuat hidup lebih baik,” ungkapnya.