Penggunaan AI <I>Artificial Intelligence</i> Dalam Kehidupan
Robot pembersih lantai (foto: medcom.id)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Artificial Intelligence makin populer dengan berbagai macam pengembenganya. Tanpa disadari di digital banyak yang mulai menggunakanya sebagai alat bantu manusia. Beberapa penggunaan yang populer yaitu penggunaan chat pada website sebagai assisten untuk menghandle sementara ketika admin sedang berada di jam istirahat.

Penggunaan AI makin populer karena selain biaya perawatan yang murah dapat memangkas biaya gaji untuk manusia, hanya saja saat ini belum ke tahap human. Sekalipun belum sampai ke tahap human namun AI di proyeksi dapat sangat membantu di masa depan.

Penggunaan AI sendiri dapat di berbagai macam bidang. Dengan teknologi kecerdasanya AI dapat membuat bantuan kepada manusia di berbagai sektor dalam kehidupan sehari-hari terutama di sektor digitalisasi.

Namun sebelum menuju ke contoh penerapan AI dalam kehidupan sehari-hari mari kita lihat jenis Artificial Intelligence.

  • Neural AI

Neural AI yaitu jenis artificial intelligence yang paling tua terlahir sekitar 1980an. Jenis AI ini dapat mentransmisikan pengetahuan ke neuran buatan dan koneksinya layaknya otak yang direkontruksi. Tentunya ini dapat seolah memindahkan otak manusia.

  • Symbol-Manipulating AI

Symbol-Manipulating AI bekerja untuk menghasilkan symbol tertentu yang dapat dibaca oleh para pengguna. Sesuai dengan namnya Manipulasi symbol, di mana AI ini dapat membuat abstraksi sehingga mendapatkan kesimpulan yang logis.

  • Neural Networks

Artificial Intelligence yang satu ini memiliki beberapa lapisan di mana lapisan teratas berupa lapisan input atau sensor untuk mendapatkan data lalu melakukan prosesing dalam sebuah sistem yang telah diatur sebelumnya oleh developer.

Contoh penggunaan dalam kehidupan:

  1. Chat bot
  2. Assisten Virtual
  3. Mesin Pencari seperti Google
  4. Feed Suggestion Sosial Media
  5. Pengirim pesan instan
  6. Penggunaan dalam banking
  7. Dalam game online
  8. Robot pembersih lantai

Sebenarnya untuk berfungsi dalam kehidupan AI masih belum hanya saja untuk sektor digital sudah mulai populer dalam penggunaanya. Untuk AI yang dilakukan untuk kehidupan sehari hari membuat biayanya lebih mahal.

Seperti robot pembersih lantai yang sering anda lihat dalam iklan. Dia bisa membersihkan lantai dengan cara yang lumayan cepat dan mempermudah manusia. Saat ini VOI hanya mencatat 2 fungsi besar AI yang sudah membantu manusia diantaranya

  1. Fitur Chat
  2. Robot pembersih lantai

Mungkin di masa mendatang akan adalagi yang dapat membantu manusia saat ini secara garis besar yang dapat berfungsi dengan baik dan dipakai oleh masyarakat secara luas hanya ada 2 contoh di atas.