Cerita Lama Terulang Kembali, Tesla Belum Bisa Produksi Cybertruck Hingga 2024
Elon Musk bersama Cybertruck dari Tesla. (foto: twitter @tesla)

Bagikan:

JAKARTA - Cybertruck dari Tesla yang telah lama ditunggu-tunggu publik tidak akan diproduksi secara penuh hingga tahun 2024. Hal ini dikatakan oleh CEO Tesla, Elon Musk, selama pengumuman pendapatan kuartal keempat perusahaan hari ini.

Saat Musk ditanya apakah kendaraan yang akan datang akan memenuhi target produksi pertengahan 2023 yang ditetapkan pada Q2 tahun lalu, ia dengan cerdik mengonfirmasi bahwa manufaktur Cybertruck akan dimulai "pada musim panas ini".  Ini menyimpulkan bahwa produksi massal pikap polarisasi itu tidak akan dimulai hingga tahun depan.

"Saya selalu mencoba meremehkan awal produksi," kata Musk, seperti dikutip The Verge. “Ini meningkat secara eksponensial, tetapi sangat lambat pada awalnya.”

Cybertruck awalnya diumumkan pada tahun 2019 karena minat yang meluas, tetapi produksinya telah tertunda beberapa kali. Proses pra-produksi seharusnya dimulai pada akhir 2021, tetapi ditunda karena pandemi COVID-19.

Kemudian produksi dijadwalkan sekitar tahun 2023, dalam sebuah proyeksi dibuat setahun yang lalu. Selain itu, tahun lalu Musk memberi tahu investor spesifikasi dan harga Cybertruck "akan berbeda" dan mungkin akan lebih mahal.

Sebagai hadiah hiburan, Tesla mengungkapkan pada Rabu 25 Januari bahwa mereka telah mulai memasang peralatan produksi yang diperlukan untuk perakitan Cybertruck, termasuk pengecoran yang akan menghasilkan bodi pikap elektrik. Cybertruck diharapkan sebagian besar diproduksi di Gigafactory perusahaan di Austin, Texas.

Pakar industri memperingatkan bahwa deadline perlu dipercepat agar Cybertruck mendapatkan dampak yang diinginkan. “Cybertruck akan memasuki sektor pasar EV yang semakin ramai di antara F-150 Lightning, GMC Hummer EV, Rivian R1T, dan kemungkinan Chevy Silverado EV dan RAM 1500 EV mengikuti di belakang,” kata direktur eksekutif wawasan Edmunds Jessica Cawell dalam email ke The Verge. “Kelemahan Tesla adalah Cybertruck kini sudah seperti berita lama (membosankan).”

Cybertruck masih mendapat banyak perhatian setelah peluncurannya yang berlebihan yang memperkenalkan desain pasca-apokaliptik yang agresif. Mungkin jika Tesla melempar lebih banyak bola logam ke sekitarnya, produksi dapat bergulir.