Tujuan Netflix Hentikan Praktik Berbagi Kata Sandi Mulai 2023, Berharap Gaet Pelanggan Baru!
Praktik berbagi kata sandi Netlfix sebentar lagi usai. (foto: dok. netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Praktik berbagi kata sandi Netlfix sebentar lagi  usai, platform streaming itu berencana untuk menghentikannya mulai 2023, berharap banyak pengguna baru yang akan datang.

The Washington Jounal, yang melaporkan pertama kali langkah Netflix ini, menuturkan Netflix sudah lama memikirkan untuk menghentikan praktik berbagi kata sandi, tetapi tertunda karena pandemi, yang juga membawa banyak pelanggan baru.

Namun, setelah pandemi usai dan perusahaan dilaporkan telah memutuskan untuk melanjutkan rencananya dalam mengakhiri berbagi kata sandi untuk meningkatkan pelanggnan baru.

Netflix telah mempertimbangkan bahwa mengakhiri berbagi kata sandi mungkin tidak berjalan baik untuk pelanggan, untuk mengatasi serangan balik, raksasa streaming akan melanjutkan secara bertahap, sehingga tidak datang tiba-tiba.

Bahkan, Netlfix mempertimbangkan untuk menambahkan judul bayar-per-tayang, mirip dengan pesaingnya, Prime Video milik Amazon, sehingga pengguna akan menahan diri untuk tidak berbagi kata sandi dengan orang lain, karena dapat meningkatkan tagihan mereka.

Melansir Times of India, Senin, 26 Desember,   ada 100 juta pengguna yang tidak membayar akun mereka dan meminjam kata sandi dari anggota keluarga atau teman mereka.

Tahun ini, Netflix memperbarui ketentuan layanannya, menyatakan akun tersebut hanya dapat dibagikan di antara orang-orang yang tinggal bersama, dan orang yang membayar harus memegang kendali serta tidak membaginya dengan orang lain.

Tetapi, mulai tahun depan, platform tersebut dapat mulai memaksakan hal ini kepada semua orang. Meski begitu, pertama-tama Netflix harus memikirkan bagaimana cara membedakan antara keluarga, yang tinggal bersama, dan teman, yang tidak tinggal bersama.

Langkah Netflix ini sejalan dengan Kantor Kekayaan Intelektual (IPO) Inggris yang belum lama memperingatkan praktir berbagi kata sandi merupakan pelanggaran hukum.

Hal itu disampaikan IPO, dengan memperjelas praktik tersebut melanggar undang-undang hak cipta. Di Inggris, berbagi kata sandi cukup umum dilakukan saat warganya saling tidak tinggal bersama.