Bagikan:

JAKARTA - Google meluncurkan fitur baru pada layanan komunikasi videonya Google Meet, yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan video 1:1 terenkripsi cloud tanpa perlu membuat tautan rapat terlebih dahulu.

"Kini Anda dapat melakukan panggilan video 1:1 terenkripsi cloud ke pengguna lain di organisasi Anda menggunakan aplikasi seluler Meet," tulis Google dalam pengumumannya di blog Google Workspace, dikutip Senin, 6 November. 

Sebelum adanya fitur ini, Anda perlu membuat link atau tautan terlebih dahulu, yang kemudian dapat dibagikan dalam undangan kalender, chat, atau email untuk mengundang peserta lain ke dalam meeting. 

Tapi melalui pembaruan ini, Google mengatakan bahwa sekarang Anda dapat melakukan panggilan Meet langsung dengan rekan kerja Anda, tanpa harus mengirim tautan. 

Berdasarkan video demo yang dibagikan, cara kerja fitur ini hampir mirip dengan panggilan video atau audio di aplikasi perpesanan lain seperti WhatsApp, Telegram, Messenger, dan lain-lain. Di mana Anda hanya perlu mencari nama, dan mulai panggilan dengan orang tersebut. 

"Kini Anda dapat melakukan panggilan Meet di aplikasi seluler langsung ke rekan kerja dan menelepon perangkat selulernya," tambah Google. 

Lebih lanjut, dalam panggilan tersebut, Anda juga akan memiliki akses ke fitur Meet terbaru termasuk chat dalam rapat, latar belakang virtual dan efek visual, teks tertulis langsung, dan banyak lagi bergantung pada edisi Workspace Anda.