Kehabisan Pulsa? Tenang, Gmail Kini Bisa Digunakan untuk Panggilan Telepon Lho!
Google mengintegrasikan Meet dengan Gmail. (foto: Solen Feyissa / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Google kembali menambahkan kemampuan pada aplikasi Gmail-nya. Kini pengguna Gmail dapat melakukan panggilan suara dan video ke pengguna Gmail lainnya.

Peluncuran ini datang setelah Google mengintegrasikan Meet dengan Gmail. Pengguna Gmail kini dapat melakukan panggilan suara dan video melalui aplikasi Gmail langsung, dan memungkinkan pengguna beralih antara obrolan ke panggilan video atau audio saat diperlukan.

Dengan meluncurkan fitur ini, Google bertujuan untuk memudahkan pekerja kantoran terhubung dengan rekan kerja di dunia kerja hybrid.

Mengutip Digital Trends, Rabu, 8 Desember, belum lama, Google juga telah mengizinkan pengguna bergabung ke rapat dan panggilan audio di Google Chat dalam aplikasi Gmail di Android dan iOS.

Lebih lanjut tentang fitur panggilan suara dan video di Gmail, saat ini masih tersedia untuk obrolan satu lawan satu, sehingga seseorang hanya dapat terhubung dengan satu orang dalam satu waktu. Dan kemungkinan perusahaan ke depannya akan menghadirkan kemampuan grup obrolan.

Pengguna layanan Google sekarang akan memiliki empat pintasan menu di bagian bawah aplikasi Gmail mereka, yaitu Mail, Chat, Rooms, dan Meet. Pengguna dapat memilih ikon telepon atau video di sudut kanan atas obrolan pribadi untuk menelepon seseorang secara langsung.

Untuk bergabung dengan panggilan, pilih telepon atau klik ikon video dalam obrolan satu-ke-satu. Aplikasi akan menampilkan daftar orang yang sedang dihubungi dan panggilan tak terjawab akan ditandai dengan ikon telepon atau video berwarna merah di dalam percakapan dan daftar obrolan.

Fitur anyar ini sudah mulai bisa dinikmati dalam 15 hari ke depan, dan pengguna Android sekaligus iOS juga dapat menjajalnya di perangkat mereka.