Bagikan:

JAKARTA – Google melakukan perubahan kecil yang tidak akan disadari banyak orang. Perubahan ini terlihat pada kotak pencarian Gmail dan Google Chat yang dibuat lebih besar dari sebelumnya.

Perubahan ukuran pada kotak pencarian ini sengaja dilakukan untuk memenuhi pedoman desain Material 3. Sebelumnya tinggi bilah pencarian yang ditentukan Android adalah 48dp, kini berubah menjadi 56dp.

Mungkin sebagian orang bertanya-tanya untuk apa perubahan tersebut dilakukan. Terlepas dari ukurannya yang tidak banyak berubah, ukuran yang diperbesar ini hanya dilakukan untuk mempermudah penggunanya.

Selain membuat kotak pencarian lebih mudah disentuh, perubahan ini juga membantu menyelaraskan preferensi Material You dengan komponen yang lebih luas.

Perubahan kotak pencarian ini bisa ditemukan pada versi Gmail 2023.10.15.x, sementara itu perubahan pada Google Chat bisa ditemukan di versi 2023.10.15.x.

Selain Gmail dan Google Chat, Google akan membuat perubahan yang sama pada Drive, Keep, Docs, Meet, dan aplikasi lain bawaannya yang memiliki kontak pencarian

Bagaimanapun juga, ketentuan ini datang dari Android dan Google harus menerapkan seluruh kebijakan ini pada aplikasi yang mereka kelola.