Bagikan:

YOGYAKARTA - Google menjadi salah satu perusahaan teknologi yang berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir. Hampir semua pengguna di dunia menggunakan aplikasi mereka saat melakukan pencarian di internet.

Namun, hal tersebut tidak membuat perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat tersebut berhenti berinovasi. Sejak pandemi yang melanda dunia pada 2019, Google melakukan penambahan layanan untuk mempermudah pekerjaan semua orang.

Banyaknya kegiata meeting atau pertemuan melalui video conference membuat Google melakukan inovasi dengan menghadirkan Google Meeting atau Gmeet, yang bisa digunakan semua orang dengan mudah.

Selanjutnya, Google melakukan inovasi dengan menambahkan fitur obrolan yang bisa diakses di Gmail. Untuk mempermudah pengembangan, mereka mengakuisisi Workplace yang memiliki aplikasi Chat and Spaces untuk diintegrasikan dengan aplikasi Gmail dan menjadi Google Chat.

Dengan Google Chat, pengguna dapat melakukan chating dengan sesama pengguna Gmail. Tidak hanya itu, aplikasi tersebut juga memiliki fitur percakapan grup yang memungkinkan penggunanya melakukan obrolan dengan beberapa orang.

Akan tetapi, oleh karena fitur tersebut masih terbilang baru, belum banyak pengguna yang mengetahui cara untuk mengaktifkan fitur obrolan tersebut di Gmail.

Oleh karenanya, di bawah ini tim VOI telah menyusun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan fitur obrolan Google Chat di aplikasi Gmail.

Cara Mengaktifkan Google Chat di Aplikasi Gmail

Jika Anda menggunakan smartphone, pengguna dapat dapat masuk ke dalam aplikasi yang ada di ponsel Anda dan pilih ikon tiga garis yang ada di pojok kiri atas.

Setelah itu, gulir ke bawah hingga Anda menemukan menu Pengaturan, kemdudian pilih Akun Anda.

Selanjutnya gulir ke bawah lagi, dan pilih menu Pengaturan Umum. Jika Anda menggunakan ponsel Android, pengguna dapat mencentang kolom "Tampilkan tab chat and space".

Sementara itu, bagi pengguna iPhone atau iPad dapat mengaktifkannya dengan cara centang kotak di sebelah menu "Tampilkan tab chat and space".

Setelah Anda melakukannya, maka pada bagian bawah Gmail Anda tidak hanya menampilkan menu "Mail" dan "Meet" saja, tetapi juga ada menu "Chat and Spaces".

Dengan demikian, pengguna dapat menggunakan fitur Chat and Spaces tersebut untuk mengobrol dengan pengguna lainnya yang sudah mengaktifkan fitur tersebut di Gmail mereka.

Itulah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan fitur Google Chat yang ada di Gmail untuk digunakan sebagai tempat mengobrol dengan mudah dengan orang lain.

Berbeda dengan aplikasi pesan instan lainnya, Anda tidak perlu memasukkan nomor telepon untuk mengaktifkan Chat and Spaces. Pengguna hanya perlu menggunakan alamat email yang Anda miliki.