Cara Menggunakan Fitur <i>Chat and Spaces</i> di Gmail untuk Melakukan Obrolan
Cara Menggunakan Fitur Chat and Spaces di Gmail untuk Melakukan Obrolan (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Google Mail atau Gmail saat ini memiliki fitur baru yakni Chat and Spaces yang memungkinkan pengguna untuk melakukan obrolan layaknya pesan instan lain seperti WhatsApp atau Telegram

Aplikasi tersebut dibuat untuk menjawab tantangan teknologi yang terus berkembang. Saat ini, banyak perusahaan teknologi yang terus melakukan inovasi, tidak terkecuali Google.

Setelah sukses dengan fitur Google Meeting yang digunakan untuk melakukan video conference, Gmail mulai mengembangkan fitur pesan instan di aplikasi mereka.

Untuk mempermmudah dalam pengembangan, mereka mengakuisisi Workplace yang memiliki aplikasi Chat and Spaces. Fitur tersebut kemudian dipasang ke dalam Gmail dan bisa aktifkan dengan melakukan pengaturan Gmail.

Setelah mengaktifkannya, pengguna dapat memulai obrolan baru dengan pengguna Chat and Spaces lainnya di Gmail, yang sudah mengaktifkan fitur tersebut.

Adapun cara untuk memulai obrolan di fitur terbaru Gmail tersebut dapat Anda ketahui dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini.

Cara Memulai Obrolan di Gmail

Untuk memulai obrolan baru, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengetuk ikon Obrolan yang ada di bagian bawah halaman utama Gmail Anda. Posisinya berada di sebelah Mail, dan Meet.

Selanjutnya, pengguna dapat mengetuk nama seseorang yang ingin Anda ajak mengobrol. Pengguna juga dapat melihat daftar kontak yang sudah terhubung dengan akun Gmail Anda untuk memulai obrolan.

Jika Anda ingin membuat obrolan grup, pengguna dapat mengetik nama orang pertama yang ingin Anda ajak mengobrol, kemudian klik ikon grup yang muncul setelah Anda mengetik nama tersebut.

Pada bidang yang sama, pengguna dapat memasukkan nama orang lain yang terhubung dengan Gmail Anda untuk melakukan percakapan grup di Gmail.

Orang yang Anda undang ke dalam obrolan, baik pribadi maupun grup, akan mendapat tautan di email mereka. Mereka pun dapat memilih untuk menerima ajakan Anda atau mengabaikannya.

Notifikasi tersebut akan muncul ketika pengguna sedang mengoperasikan salah satu produk Google menggunakan akun email yang sama.

Ketika Anda menulis pesan baru di kolom yang disediakan, pengguna dapat memilih berbagai macam emoji, foto, hingga video untuk dikirim kepada teman obrolan Anda.

Jika Anda ingin memasukkan file dokumen, foto, atau file yang tersimpan di Google Drive Anda, pengguna dapat mengklik ikon plus yang ada di bagian bawah beranda Gmail Anda.

Demikian adalah cara untuk memulai obrolan pada fitur baru Gmail, Chat and Spaces yang berfungsi layaknya apliaksi pesan instan di smartphone Anda.