Google Tutup Hangouts untuk Selamanya, Padahal Sudah Diunduh 5 Miliar Pengguna!
Google tutup aplikasi Google Hangouts. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Google baru saja menutup aplikasi obrolan teks, video dan suara yang terpasang di Gmail, Hangouts. Seperti yang diumumkan sebelumnya, perusahaan mengalihkan pengguna Hangouts ke Google Chat.

Mulai awal bulan ini, aplikasi web Google Hangouts tidak akan lagi tersedia. Sementara, untuk aplikasi di Android dan iOS sudah lebih dahulu meninggalkan penggunanya pada Juli lalu.

Raksasa teknologi itu mengatakan, meskipun sebagian besar pesan dan kontak harus dipindahkan ke layanan baru, beberapa percakapan atau bagian dari percakapan tidak akan bermigrasi secara otomatis dari Hangouts ke Chat.

Pengguna dapat terus menggunakan layanan Takeout Google untuk mengunduh data Hangouts mereka hingga 1 Januari 2023.

Melansir TechCrunch, Kamis, 3 November, Hangouts dimulai sebagai fitur di Google+ sebelum menjadi aplikasi mandiri. Layanan perpesanan itu memiliki 5 miliar unduhan di Google Play Store.

Meski tidak dapat sepenuhnya menggantikan Hangouts, Chat menyediakan fitur tambahan untuk percakapan grup serta alat keamanan dan kolaborasi seperti Spaces dan mengedit Dokumen, Slide, atau Spreadsheet secara berdampingan dengan pengguna lain.

Pengguna Chat juga dapat mengirim GIF dan menggunakan @sebutan untuk memberi tahu seseorang di grup.

"Google Chat menawarkan pengalaman modern dan terintegrasi di Google Workspace. Kami memiliki ambisi besar untuk masa depan Chat, dan dalam beberapa bulan mendatang Anda akan melihat lebih banyak fitur seperti panggilan langsung, threading in-line di Spaces, dan kemampuan untuk berbagi dan lihat banyak gambar," ungkap manajer produk Google Chat, Ravi Kanneganti pada Juni lalu saat pengguna diminta untuk bermigrasi.

"Saat kami mengambil langkah terakhir untuk membawa sisa pengguna Hangouts ke Chat, kami berharap pengguna akan menghargai investasi berkelanjutan kami dalam menjadikan Chat sebagai tempat yang andal untuk berkreasi dan berkolaborasi," imbuhnya.