Google Migrasikan Pengguna Hangouts ke Google Chat
Ilustrasi Google Hangouts (Photo by Elle Cartier on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Google berencana untuk menyudahi layanan Hangouts pada akhir tahun mendatang. Hal ini seiring dengan perombakan besar pada layanan Google Workspace yang kini menjadi G Suite. 

Mengutip laman The Verge, Google akan memulai masa transisi dengan memindahkan pengguna dari Hangouts ke Chat yang akan dimulai pada paruh pertama 2021. Nantinya Google akan memberikan panduan untuk memindahkan semua percakapan, kontak, dan riwayat pengguna ke layanan Chat secara otomatis.

"Mulai paruh pertama 2021, semua orang bisa mulai upgrade dari Hangouts ke Chat," tulis Google dalam blognya, Senin, 19 Oktober.

Sejatinya langkah Google untuk memensiunkan layanan Hangouts tak begitu mengejutkan sejak diumumkan pada tahun 2018. Sebelum Hangouts dihilangkan, beberapa fiturnya akan mulai ditiadakan. Salah satunya dukungan Google Voice dari Hangouts pada awal tahun depan.

Google mengatakan peralihan dari Hangouts ke Chat akan dilakukan secara bertahap dan akan ada periode waktu, di mana kedua layanan perpesanan tersebut masih bisa digunakan.

Migrasi Hangouts ke G Suit dan Chat (dok. Google)

Hingga akhirnya, semua pengguna Hangouts, baik yang gratis atau yang terdaftar di Workspace, akan dipindahkan ke Chat. Setelah proses tersebut selesai, Chat akan menggantikan Hangouts sepenuhnya.

Walau tidak sepenuhnya mirip Hangouts, Chat memiliki sejumlah fitur tambahan baru untuk membuka kolom percakapan langsung atau grup. Nantinya Google Chat akan diintegrasikan dengan aplikasi Gmail bersama dengan Rooms dan Meet.