Google Setop Layanan Pesan Instan Hangouts
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Selama bertahun-tahun Hangouts menjadi layanan andalan Google untuk chatting dan video call. Namun raksasa teknologi itu berencana menghapus fitur Google Hangouts.

Google Hangouts merulakan aplikasi messenger, yang dulu dikenal sebagai Google Talk. Fitur panggilan video grup sejatinya membuat pengguna bingung, karena layanan lain milik Google seperti Meet dan Duo juga memiliki fitur serupa.

Oleh karena itu, sekarang Google telah mematikan fitur video call grup di Hangouts, dan kini raksasa teknologi itu mengarahkan pengguna ke Google Meet jika mereka ingin melakukan panggilan video grup serupa.

Google Hangouts (dok. XDA Developers)

Melansir XDA Developers, Kamis 26 November, nantinya, jika pengguna membuka aplikasi Hangouts, maka akan muncul sebuah pesan yang memberi tahu mereka bahwa panggilan video grup harus dilakukan melalui Google Meet.

Di samping itu, Google juga memberi tahu beberapa manfaat layanan Meet, seperti teks langsung dan berbagi layar. Tidak mengherankan bahwa Google mulai mengarahkan pengguna Hangouts ke Meet karena perusahaan berencana menghentikan Hangouts dalam waktu dekat.

Rencananya diketahui, Google akan menghentikan layanan Hangouts pada paruh pertama 2021, jadi jika pengguna masih menggunakan Hangouts untuk chat atau video call grup, mungkin ada baiknya untuk mulai pindah ke Meet dan membiasakan diri antarmuka dan fitur baru pada layanan Meet.