Tips <i>Work From Home</i> dengan Menggunakan Google Hangouts Meet
Ilustrasi Photo / Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk menjalani work frome home yakni bekerja dari rumah demi menekan angka penyebaran virus corona atau COVID-19 di Indonesia. Tentunya, bekerja dari rumah merupakan suatu transisi menantang bukan?

Ada banyak cara agar komunikasi tetap lancar dengan atasan maupun rekan kerja Anda tanpa khawatir akan terjadi miskomunikasi. Anda pun tetap bisa melakukan antarmuka dengan mereka. Misalnya saja menggunakan layanan pesan instan, video call, maupun video conference lewat aplikasi Hangouts Meet dari Google.

Aplikasi buatan Google ini sejatinya premium alias berbayar. Namun, Google menggratiskan layanan ini hingga 1 Juli 2020 untuk membantu para pekerja yang bekerja dari rumah demi menghindari COVID-19.

Mau tahu bagaimana tips menggunakan Google Hangouts Meet? Simak tips berikut yuk agar Anda tetap lancar berkomunikasi saat bekerja.

1. Jaringan yang Lancar

Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang lancar karena Google Hangouts Meet memakan konsumsi data yang lumayan besar. Agar saat melakukan video antarmuka tidak terjadi ngelag, dan komunikasi pun tetap berjalan dengan baik coba gunakan WiFi bukan mobile network. Jika memang terdesak, Anda bisa menggunakan Google Hangouts dari ponsel.

2. Cari Tempat yang Tidak Ramai

Perhatikan lingkungan sekitar Anda ketika akan memulai video call. Jangan memilih tempat yang ramai, cobalah untuk jauh dari kebisingan, misalnya saja di kamar. Jika memang sulit mencari tempat tersebut, solusinya Anda bisa gunakan headset agar tetap mendengar lawan bicara Anda saat menggunakan Google Hangouts Meet.

3. Panggilan Grup

Tidak hanya berdua, Google Hangouts Meet bisa menampung hingga 250 peserta dalam satu video conference. Siaran langsung telekonferensi bisa ditonton hingga 100 ribu penonton dengan satu domain saja. Cukup membantu pekerjaan Anda bukan?

Jangan khawatir, Hangouts Meet bisa otomatis menghasilkan kode agar orang dapat melakukan panggilan melalui komputer, ponsel atau dari perangkat apapun yang tersambung dengan koneksi internet.

4. Fitur Aktifkan Teks

Meski keunggulan dari Google Hangouts Meet ini adalah video conference, Anda juga bisa mengetik pesan saat conference call itu berlangsung loh, ataupun saat Anda berada di sinyal yang buruk maupun tempat ramai.

Bukan hanya itu, fitur teks otomatis Meet juga berfungsi untuk menampilkan teks secara real-time (seperti subtitel di TV). Cukup dengan melihat di bagian bawah jendela Meet, aktifkan teks atau menonaktifkan teks.

5. Menampilkan Presentasi Secara Realtime

Berbeda dengan aplikasi video conference lainnya, Google Hangouts Meet bisa menampilkan presentasi secara langsung saat Anda sedang melakukan video conference. Caranya, lihat di pojok kanan bawah pada layar Google Hangouts Meet, pilih “Presentasikan sekarang." Anda memiliki pilihan untuk hanya menampilkan bagian yang ingin ditampilkan, presentasikan satu jendela saja.