Telegram Punya Fitur Voice Chat 2.0, Bisa <i>Ngobrol</i> Kayak Clubhouse
Telegram hadirkan Voice Chat 2.0 fitur yang mirip Clubhouse (Screenrant)

Bagikan:

JAKARTA - Media sosial berbasis audio seperti Clubhouse muncul dengan ciri baru yang membuat platform lain merasa tersaingi. Sebut saja Twitter yang telah memperkenalkan fitur baru bernama Spaces yang mirip Clubhouse.

Kini, Telegram turut mengadopsi konsep yang diusung oleh Clubhouse itu. Telegram menghadirkan fitur anyar dalam pembaruannya. Fitur yang bernama Voice Chat 2.0 itu sebenarnya sudah diperkenalkan pada penghujung tahun lalu. Saat ini kembali dihadirkan dengan pengembangan yang lebih maju.

Fitur Voice Chat ini memungkinkan pengguna Telegram untuk melakukan obrolan suara di Telegram Channel yang memiliki jumlah anggota ribuan. Pihak Telegram juga tidak membatasi jumlah pendengar obrolan di Voice Chat.

“Tidak peduli seberapa populer pembicaraan itu, orang-orang baru akan bisa ikut mendengarkan. Ini seperti penemuan kembali radio publik di abad ke-21,” ujar pihak Telegram dalam tulisan blognya.

Admin dan anggota grup bisa merekam perbincangan yang dilangsungkan melalui fitur tersebut. Tidak hanya bisa merekam, mereka juga bisa membagikan percakapan tersebut kepada pengguna lain.

Ketika perbincangan berlangsung, maka para anggota dalam grup akan disenyapkan atau mute. Hanya pembicara yang bisa memperbincangkan topik obrolan. Bagi para anggota yang ingin bicara dapat memberitahu admin dengan cara mengetuk gambar angkat tangan.

Admin grup juga bisa memberikan undangan untuk disebarkan kepada pengguna lain seperti Clubhouse. Pengguna juga bisa memilih untuk menggunakan akun kanal atau akun pribadi ketika bargabung dalam Voice Chat.

“Selebriti dan tokoh publik bisa menggunakan cara ini untuk menghindari perhatian jika menggunakan akun pribadi mereka,” ungkap pihak Telegram.

Sebagai informasi tambahan, fitur Voice Chat Telegram ini sudah tersedia di Google Play Store dan App Store. Artinya fitur ini bisa digunakan oleh pemilik ponsel Android. Hal ini berbeda dengan Clubhouse yang baru tersedia untuk pengguna iOS saja.