Cara Mudah Melakukan <i>Video Call</i> di Telegram
Aplikasi Telegram (DNA India)

Bagikan:

JAKARTA - Tahun lalu Telegram menambahkan dukungan untuk melakukan video call melalui aplikasi. Pembaruan fitur yang cukup besar sejak Telegram pertama kali diluncurkan tahun 2013 silam.

Sebelumnya, aplikasi yang berkantor pusat di London ini hanya menyediakan layanan bertukar pesan dan panggilan telepon dengan enkripsi end-to-end saja. Oleh karena itu, fitur panggilan video yang diluncurkan bulan Agustus tahun lalu ini disambut meriah oleh penggemar.

Sayangnya, layanan panggilan video melalui Telegram masih terbatas. Pengguna baru bisa melakukan video call dengan satu penerima saja. Kondisi yang cukup berbeda jika menilik fitur serupa milik WhatsApp.

Melalui aplikasi kepunyaan Facebook tersebut, panggilan video call bisa dilakukan bersama enam orang lain dalam waktu yang bersamaan. Menerapkan tampilan grid, partisipan panggilan konferensi bisa saling menyapa dan memandang wajah partisipan lainnya.

Di balik kekurangan tersebut, tak menutup fakta bahwa tambahan fitur panggilan video pada Telegram mampu menambah daya tawar aplikasi. Terutama di masa ketika kebutuhan akan layanan panggilan video, baik personal maupun konferensi makin meningkat.

Untuk pembaca yang baru saja mengunduh aplikasi ini, tim VOI sudah buatkan langkah-langkah melakukan video call Telegram. Baik melalui ponsel Android, iPhone, atau lewat aplikasi Telegram desktop. Berikut ini uraiannya:

Video call di Telegram (Telegram)

Cara Video Call di Telegram Melalui Ponsel Android atau iPhone

Tak sulit untuk memulai panggilan video melalui Telegram. Berdasarkan uji coba penulis, begini langkah-langkah untuk video call Telegram. Sebagai tambahan, cara di bawah bisa kamu terapkan melalui ponsel Android atau iPhone.

  • Langkah 1: Buka aplikasi Telegram, lalu buka kontak yang ingin kamu ajak video call
  • Langkah 2: Di dalam halaman pesan, ketuk ikon titik tiga yang disusun secara vertikal pada pojok kanan atas.
  • Langkah 3: Pada jendela baru yang muncul, ketuk ikon Kamera bertuliskan Video Call.

-          Tunggu beberapa saat hingga panggilan tersambung

Cara Video Call Pakai Telegram Melalui Desktop PC atau Laptop

Seperti kita tahu, Telegram juga menyediakan versi desktop. Hanya saja, panggilan video cuma tersedia pada versi aplikasi PC atau laptop saja. Sedangkan untuk versi Telegram Web, perusahaan belum menyediakan fitur ini.

Sedangkan untuk melakukan panggilan video melalui aplikasi Telegram desktop, begini langkah-langkahnya:

  • Langkah 1: Buka aplikasi Telegram, pilh salah satu akun yang ingin diajak video call
  • Langkah 2: Di dalam halaman pesan pribadi, klik ikon telepon yang terletak di pojok kanan atas
  • Langkah 3: Lakukan panggilan suara dengan akun tersebut
  • Langkah 4: Jika panggilan sudah diangkat dan terhubung, klik ikon video yang terletak di layar bagian bawah
  • Langkah 5: Tunggu agar lawan bicara menerima permintaan panggilan video. Jika sudah, maka kamu bisa melakukan panggilan video melalui Telegram versi desktop