Cara Praktis Rekam Panggilan Telepon WhatsApp di Android dan iPhone
Cara merekam telepon WhatsApp (PCMag)

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi WhatsApp tidak hanya digunakan untuk berkirim pesan saja. WA juga kerap digunakan untuk menelepon. Ada saat-saat di mana pengguna merasa harus merekam obrolan telepon, misalnya ketika obrolan via telpon itu dirasa penting karena membicaran beberapa hal.

Ada baiknya pengguna merekam panggilan telepon yang sedang dilangsungkan itu. Namun, masih banyak pengguna yang belum tahu cara merekam panggilan telepon di WhatsApp.

Cara praktis merekam panggilan telepon di WhatsApp bisa menggunakan aplikasi tambahan yang sudah ada di toko aplikasi Play Store. Jika pengguna merasa terlalu ribet untuk mengunduh aplikasi dari pihak karena keterbatasan kuota, bisa juga mengikuti cara-cara berikut ini:

1. Cara rekam panggilan telepon WhatsApp di Android

Meskipun aplikasi WhatsApp tidak memberikan fitur untuk merekam panggilan telepon di platformnya, ternyata pengguna Android masih bisa merekam panggilan suara dengan memanfaatkan aplikasi bawaan di Android.

Biasanya ponsel Android dilengkapi dengan aplikasi recorder atau perekamnya sendiri. Pengguna bisa menggunakan perekam bawaan dalam ponsel. Caranya pun cukup mudah, pengguna hanya perlu melakukan panggilan telepon via WhatsApp.

Setelah itu pengguna hanya perlu membuka aplikasi perekam dan menyalakannya. Diusahakan jangan mematikan panggilan ketika membuka aplikasi recorder tersebut.

Ketika aktivitas merekam berlangsung, nyalakan loudspeaker di WhatsApp agar perekam bisa menangkap suara.

2. Cara rekam Panggilan Telepon WhatsApp di iPhone

Cara untuk merekam panggilan suara di iPhone terbilang cukup sulit. Pasalnya, Apple tidak mengizinkan aplikasi lain untuk mengakses telepon. Kebijakan ini tentu menyulitkan pengguna yang ingin merekam telepon WhatsApp.

Cara lain untuk merekam panggilan suara di iPhone terbilang rumit, tapi bisa dicoba. Pengguna hanya perlu memanfaatkan media perekam atau recorder dari perangkat lain, seperti yang ada di laptop atau ponsel lain.

Caranya nyalakan perekam yang ada di ponsel lain ataupun di laptop, kemudian lakukan panggilan suara via WhatsApp dan nyalakan loudspeaker. Mungkin suara yang direkam mengalami noise atau gangguan karena suara dari luar. Namun, cara ini terbilang cukup efektif untuk merekam telepon di WhatsApp.

3. Cara Merekam Panggilan Telepon WhatsApp dengan Aplikasi Lain

Pengguna Android dimudahkan dengan adanya aplikasi pihak ketiga yang bisa mengakses suara. Hal ini berbeda dengan ponsel iPhone. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi Cube Call Recorder yang ada di PlayStore.

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh pengguna adalah masuk ke aplikasi Google PlayStore, kemudian unduh Call Recorder – Cube ACR. Jika sudah diunduh, bukalah aplikasi perekam tersebut kemudian ikuti sejumlah instruksi untuk mengatur perekaman.

Izinkan aplikasi Call Recorder untuk mengakses penyimpanan, kontak dan lain-lain. Setelah itu, untuk memulai perekaman panggilan telepon WhatsApp, pengguna hanya perlu mengetuk gambar mic yang ada di pojok kanan bagian bawah.

Maka perekaman akan diaktifkan. Pengguna bisa leluasa merekam panggilan telepon di WhatsApp. Jika aktivitas merekam sudah selesai, pengguna hanya perlu mengetuk gambar mic lagi untuk menghentikan aktivitas perekaman.