Cara <i>Share Screen</i> WA di iPhone bagi Pengguna di Indonesia
WhatsApp luncurkan fitur baru; berbagi layar. (foto: Dok WhatsApp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Belum lama ini Meta meluncurkan fitur WhatsApp baru yang berupa Screen Sharing atau Berbagi Layar. Fitur ini menambah pengalaman bagi para penggunanya khususnya dalam panggilan video. Fitur baru ini tersedia bisa dinikmati oleh pengguna iPhone maupun Android. Lalu, bagaimana cara share screen WA di iPhone dan ponsel lain?

Cara Share Screen WA di Iphone

Kabar adanya fitur share screen di WA sebenarnya telah beredar santer sejak akhir Mei. Namun fitur ini baru bisa digunakan secara global mulai hari Selasa, 8 Agustus 2023 pukul 20.58 WIB.

Secara umum fitur share screen WA ini mipi dengan layanan yang ada pada konferensi video populer lainnya seperti pada aplikasi Zoom, Google Meet, atau Microsoft Teams. Hanya saja untuk dapat terhubung dengan pengguna lain cukup dengan menghubungi nomor peserta melalui WhatsApp.

Sebelum menggunakan fitur share screen, disarankan untuk melakukan update WhatsApp lebih dulu. Proses tersebut bisa dilakukan lewat Appstore. Setelah menginstal WhatsApp versi terbaru, pengguna bisa mulai menggunakan fitur baru ini.

Tombol share screen akan muncul ketika pengguna melakukan panggilan video via WhatsApp dengan pengguna lain. Saat tombol tersebut muncul, pengguna bisa langsung klik tombol tersebut untuk membagikan layar maupun konten yang dibuka oleh salah satu peserta video call.

Adapun cara share screen WA di iPhone adalah sebagai berikut ini.

  • Lakukan panggilan video WhatsApp, pengguna bisa klik tombol video call di kontak maupun grup yang diikuti;
  • Setelah video call berhasil dilakukan, akan muncul tombol “share screen” yang letaknya berada di sisi kanan tombol putar-balik kamera;
  • Setelah itu klik opsi “Start Broadcast”;
  • Saat fitur share screen aktif pengguna akan mendapatkan pemberitahuan;
  • Setelahnya WhatsApp akan mulai membagikan layar yang dibuka melalui iPhone. Layar bisa menampilkan konten yang dibuka atau membagikan kegiatan lain yang dilakukan di perangkat ponsel.
  • Sedangkan cara mematikan fitur share screen WA adalah dengan klik opsi “Stop Sharing”. Tombol tersebut berada di jendela video call WhatsApp.

Fitur baru berbagi layar WA ini tersedia di WhatsApp dan WhatsApp Business untuk ponsel dengan sistem operasi iOS, Android, hingga Windows Desktop. Selain itu fitur ini juga hanya bisa diaktifkan selama pengguna melakukan panggilan video.

Pengguna WA juga harus tahu bahwa fitur baru ini tersedia untuk iPhone di aplikasi WhatsApp versi 23.15.78. Sedangkan di Android sudah tersedia di aplikasi WhatsApp versi 2.23.15.81. Jika sudah melakukan update WA namun belum tersedia fitur tersebut, pengguna diharap bisa lebih bersabar karena fitur tersebut baru didistribusikan secara beratahap di seluruh pengguna.

Fitur share screen WA ini membantu pengguna untuk mempresentasikan berbagai dokumen seperti Word, PDF, hingga gambar dan video. Fitur ini juga

Itulah informasi terkait cara share screen WA di iPhone. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.