Bagikan:

JAKARTA - Fenomena AI mungkin telah mengakhiri era MP3 seperti halnya iPod menggantikan CD dan kaset mengakhiri dominasi piringan hitam. Setiap kali industri musik telah beradaptasi dan berkembang. Namun, apa yang direncanakan oleh label rekaman untuk menghadapi ancaman kecerdasan buatan (AI)?

Nah, setelah munculnya serangkaian lagu 'deepfake' di mana para musisi seperti Johnny Cash, Frank Sinatra, dan Drake telah berhasil ditiru suara mereka dengan sangat meyakinkan, label rekaman terbesar di dunia sedang mengambil tindakan.

Universal Music sekarang sedang dalam pembicaraan dengan Google untuk melisensikan suara dan melodi artis agar dapat digunakan untuk lagu-lagu yang dihasilkan oleh AI. Bagaimana cara produksi musik era baru ini dan bagaimana bunyinya? 

Bagaimana ciri lagu-lagu AI?

Ada beberapa contoh, yaitu klona Frank Sinatra menyanyikan Gangsta's Paradise milik Coolio, 'Johnny Cash' menyanyikan ulang Barbie Girl milik Aqua, dan suara Harry Styles ditiru untuk membuat duet dengan penyanyi-penulis lagu Amerika Lizzy McAlpine, yang lagunya Ceilings menjadi viral di TikTok.

Bahkan, beberapa saluran YouTube bahkan didedikasikan untuk membuat musik yang dihasilkan oleh AI.

Suara Kanye West diambil untuk membuatnya terdengar seperti dia sedang menyanyikan balada akustik Hey There, Delilah tahun 2006, sementara 'deepfake' telah diproduksi dari Rihanna yang seolah-olah tampil dengan lagu Cuff It milik Beyoncé.

Drake dan The Weeknd juga telah menjadi sasaran dari tren yang berkembang ini, sementara teknologi ini telah membantu 'membangkitkan kembali' suara musisi yang telah meninggal seperti Elvis Presley, David Bowie, dan Michael Jackson, serta Cash dan Sinatra.

Seorang pengguna YouTube bernama PluggingAI juga mempromosikan lagu-lagu yang meniru suara rapper legendaris yang telah meninggal, seperti Notorious B.I.G. dan Tupac.

Bagaimana Musik yang Dihasilkan oleh AI Diciptakan?

Secara dasarnya, siapa pun dapat melakukannya jika mereka tahu caranya. Beberapa situs web sudah menawarkan kemampuan kepada para penggemar untuk menciptakan lagu-lagu baru menggunakan suara yang mirip dengan suara penyanyi terkenal di dunia pop.

Salah satu situs, yang dibuat oleh perusahaan OpenAI yang berbasis di California - yang juga bertanggung jawab atas bot AI yang sangat populer, ChatGPT - disebut Jukebox.

Ini adalah jaringan saraf yang menghasilkan pendekatan menyeramkan dari lagu-lagu pop dalam gaya beberapa artis.

Beberapa ahli percaya bahwa teknologi ini dapat mengguncang industri musik dengan menciptakan hits baru, tetapi kontroversi mengelilinginya karena masalah hak cipta.

Musik deepfake mempertajam batas antara penggunaan lagu yang dilindungi oleh hak cipta dan penggunaan pendekatan yang lebih murah atau bebas hak cipta.

"Jika seseorang belum menggunakan rekaman asli, Anda tidak memiliki tindakan hukum terhadap mereka dalam hal hak cipta terkait dengan rekaman suara," kata Rupert Skellett, kepala hukum dari perusahaan rekaman Inggris, Beggars Group.

Salah satu alat AI yang dapat diakses secara gratis adalah MidJourney, yang menghasilkan video, sementara uberduck.ai telah digunakan oleh DJ Prancis David Guetta untuk meniru suara Eminem sehingga dapat ditambahkan ke salah satu instrumentalisnya.

"Saya yakin masa depan musik ada di AI," kata Guetta kepada BBC.

Apakah Universal dan Google mendekati produksi musik?

Tidak, diskusi berada pada tahap awal sekali dan belum ada peluncuran produk yang segera.

Namun, tujuannya adalah untuk mencapai kesepakatan di mana lebih banyak perangkat lunak dapat dikembangkan yang memungkinkan penggemar untuk menciptakan lagu dan membayar pemilik hak cipta.

Artis akan diberi pilihan untuk bergabung atau tidak bergabung dalam usaha ini.

Situasinya mirip dengan yang dihadapi oleh bisnis musik dengan munculnya YouTube, di mana orang mulai menggunakan lagu-lagu hit sebagai latar belakang video yang telah mereka buat.

Ini menyebabkan bertahun-tahun perdebatan hukum tentang pelanggaran hak cipta hingga mencapai kesepakatan yang menghasilkan industri musik mendapatkan sekitar $2 miliar per tahun untuk klip yang dibuat oleh pengguna.

Apa pendapat para artis?

Beberapa artis telah mengeluh tentang tren ini. Drake merespons bahwa satu lagu yang dihasilkan oleh AI dengan suaranya adalah "titik akhir".

Label rekamannya juga baru-baru ini berusaha untuk menghapus internet dari lagu AI yang viral dan menggunakan kemiripannya.

Pada bulan April, sebuah lagu yang dihasilkan oleh AI yang menampilkan suara tiruan Drake dan The Weeknd ditarik dari layanan streaming oleh Universal Music Group karena 'melanggar konten yang dibuat dengan generative AI'.

Lagu tersebut menjadi viral dan pada saat dihapus, telah diputar sebanyak 600.000 kali di Spotify dan mendapatkan 15 juta tayangan di TikTok serta 275.000 tayangan di YouTube.

Lagu tersebut, berjudul "Heart On My Sleeve," diyakini diciptakan menggunakan pemrograman AI yang dilatih dengan musik dari para artis, sesuatu yang UMG menyatakan sebagai 'pelanggaran terhadap perjanjian kami dan pelanggaran terhadap hukum hak cipta'.

Namun, tidak semua musisi menentang AI. Penyanyi asal Kanada, Grimes, mengatakan kepada para artis bahwa mereka dapat menggunakan suaranya dalam lagu-lagu yang dihasilkan oleh AI dengan pembagian royalti yang adil, yaitu 50 persen.

Penyanyi berusia 35 tahun yang nama aslinya adalah Claire Boucher ini mengatakan bahwa tidak ada yang terlarang dan tujuan utamanya selalu untuk mendorong batasan daripada hanya menciptakan lagu yang enak didengar. Demikian disarikan dari Daily Mail.