Ankr Jadi Penyedia Konektivitas RPC untuk Base, Blockchain Anyar Milik Coinbase
Base jalin kemitraan dengan Ankr. (Foto; Dok. Coincodex)

Bagikan:

JAKARTA - Pengembang blockchain anyar milik Coinbase, Base, telah mengumumkan kemitraan strategisnya dengan Ankr, sebuah penyedia layanan infrastruktur blockchain terkemuka, untuk menyediakan node dan konektivitas RPC (Remote Procedure Call) ke jaringan Base.

Pengumuman ini datang menjelang peluncuran mainnet publik Base yang dijadwalkan pada tanggal 9 Agustus. Koneksi RPC Ankr ke jaringan Base akan membuka peluang baru bagi pengembang dalam membangun aplikasi terdesentralisasi (dApps) di atas jaringan yang memiliki kinerja komunikasi yang andal dan transaksi onchain yang cepat.

Melalui solusi API RPC yang dihadirkan oleh Ankr untuk Base, pengembang akan memiliki akses mudah dan cepat untuk memulai pembangunan aplikasi web3. Solusi ini telah terdaftar dengan jelas dalam dokumentasi situs web Ankr sebagai salah satu penyedia node yang bekerja sama dengan Base. Hal ini akan memfasilitasi pengembang dalam mengintegrasikan fitur-fitur kunci dari jaringan Base ke dalam dApps yang mereka ciptakan.

Pencipta Base dan Kepala Protokol di Coinbase, Jesse Pollak, berbagi pandangannya tentang peran penting penyedia node dalam mendukung ekosistem dApps di Base. Ia mengungkapkan, "Penyedia node sangat penting untuk mendukung pembangun yang menerapkan dApps mereka di Base, dan kami sangat senang bekerja sama dengan tim seperti Ankr yang membantu memberikan fondasi yang kuat dan membantu kami mewujudkan visi untuk menghadirkan miliaran pengguna berikutnya ke dalam blockchain."

Dalam pandangan Chandler Song, Co-Founder & CEO Ankr, kerjasama dengan Base akan membawa dampak positif terhadap ekosistem blockchain yang lebih terpadu dan terstandardisasi. "Ankr sangat senang dengan potensi ekosistem blockchain yang lebih terpadu dan terstandardisasi dengan tumpukan OP dari Base dan Optimism," ujarnya.

Solusi penskalaan yang dipersembahkan oleh Ankr dan Base menciptakan peluang baru bagi lebih banyak pengguna web3 yang berpartisipasi secara aktif. Kemudian, Ankr sendiri akan menghadirkan titik akhir (endpoints) untuk mainnet Base dan testnet yang bersifat publik, dan juga akan menawarkan pilihan berbayar bagi para pengembang melalui Platform RPC mereka.

Perusahaan ini akan memperkenalkan model pendekatan freemium, di mana pengembang dapat mengakses endpoints Base secara gratis, sambil juga menyediakan paket tingkat Premium dan Enterprise untuk kebutuhan proyek yang lebih besar. Paket-paket ini akan menawarkan fitur-fitur canggih seperti WebSockets, telemetri, IP whitelist, dan infrastruktur khusus.