Bagikan:

JAKARTA - Universal Music Group (UMG) pada  Jumat 25 Oktober merilis versi Spanyol dari lagu hit Brenda Lee tahun 1958, "Rockin' Around the Christmas Tree," dengan memanfaatkan teknologi AI dari SoundLabs.

Lagu ini berjudul "Noche Buena y Navidad" dalam bahasa Spanyol dan dibuat dengan persetujuan Lee di bawah produksi Auero Baqueiro yang telah meraih penghargaan di bidang musik Latin.

Universal Music menyatakan bahwa lagu ini menunjukkan bagaimana AI dapat digunakan dengan menghormati para artis dan memastikan bahwa mereka memberikan izin penuh.

Penggunaan AI yang etis dalam industri hiburan menjadi sorotan setelah beberapa insiden di mana konten yang dihasilkan AI menimbulkan kekhawatiran tentang pelanggaran hak cipta dan persetujuan artis.

Vokal lagu ini dibuat menggunakan MicDrop dari SoundLabs, sebuah plug-in vokal AI yang memungkinkan pengguna untuk mengubah suara mereka menjadi suara atau instrumen lain.

Lagu ini menggunakan musik dan vokal latar asli, sementara vokal utama Lee digantikan dengan vokal dalam bahasa Spanyol yang baru diterjemahkan, dibuat menggunakan model vokal AI yang diambil dari suara anggota Country Music Hall of Fame tersebut.

"Hasilnya adalah versi baru dari lagu klasik liburan yang dikenal dan dicintai, yang terdengar seolah-olah Brenda Lee yang berusia 13 tahun sedang di studio, menyanyikannya untuk pertama kalinya," kata Universal Music.

UMG menandatangani kesepakatan dengan SoundLabs pada bulan Juni untuk menciptakan model vokal berkualitas tinggi resmi untuk artis dengan menggunakan data suara mereka sendiri untuk pelatihan, sambil tetap mempertahankan kontrol atas kepemilikan dan memberikan persetujuan artistik penuh kepada mereka.