Bagikan:

JAKARTA - Lagu-lagu yang lisensinya dipegang oleh Universal Music Group (UMG) resmi menghilang dari TikTok hari ini, Kamis, 1 Februari.

Berdasarkan penelusuran VOI terhadap beberapa akun TikTok penyanyi yang bernaung di bawah UGM, seperti Taylor Swift dan Billie Eilish, lagu-lagu mereka sudah menghilang. Khusus untuk Eilish, masih tersisa lagu What Was I Made For?.

Begitu juga dengan artis yang bernaung di Universal Music Indonesia (UMI). Tidak ada daftar lagu di akun TikTok Anggi Marito, Lyodra, Tiara Andini dan Ziva Magnolya.

Adapun, UMG mengirimkan surat terbuka kepada para artis dan penulis lagu pada Selasa, 30 Januari. Mereka memutuskan tidak melanjutkan kerja sama dengan TikTok yang berakhir pada 31 Januari.

“Saat ini, sebagai indikasi betapa kecilnya kompensasi yang diberikan TikTok kepada artis dan penulis lagu, meskipun basis penggunanya sangat besar dan terus berkembang, pendapatan iklan meningkat pesat, dan ketergantungan pada konten berbasis musik semakin meningkat, TikTok hanya menyumbang sekitar 1% dari total pendapatan kami,” bunyi surat terbuka UMG.

“Pada akhirnya, TikTok mencoba membangun bisnis berbasis musik, tanpa membayar nilai wajar untuk musik tersebut.”

Selain itu, UMG juga mengeluhkan cara TikTok dalam menghadapi penerapan artificial intelligence (AI) di musik.

“Terkait AI, TikTok membiarkan platformnya dibanjiri dengan rekaman yang dihasilkan AI, serta mengembangkan alat untuk mengaktifkan, mempromosikan, dan mendorong pembuatan musik AI di platform itu sendiri, dan kemudian menuntut hak kontrak yang memungkinkan konten ini terdilusi secara besar-besaran.”