Bagikan:

JAKARTA – Gemini, Model Bahasa Besar (LLM) buatan Google, tidak hanya tersedia di perangkat Android, tetapi juga iOS. Sayangnya, chatbot AI ini hanya bisa diakses melalui aplikasi Google di iPhone.

Meski bisa digunakan secara bebas, Gemini untuk iOS sulit diakses karena ikonnya tersembunyi di aplikasi Google.

Jika ingin mengakses Gemini dengan lebih cepat, pengguna iPhone bisa membuka chatbot itu melalui browser Safari.

Selain menggunakan dua cara di atas, pengguna iPhone bisa mengakses Gemini melalui home screen atau layar beranda. Mereka hanya perlu menambahkan pintasan Gemini melalui cara berikut ini, dilansir dari 9to5google.

Menambahkan Gemini Sebagai Pintasan

Untuk menambahkan Gemini ke layar beranda iPhone, pengguna perlu membuka aplikasi Pintasan terlebih dahulu. Setelah itu, ketuk tombol Plus di sudut kanan atas layar untuk menambahkan pintasan baru.

Selanjutnya, cari opsi Buka URL di menu Tindakan. Untuk mempermudah pencarian, pengguna bisa mengetikkan Buka URL di kotak pencarian.

Setelah dibuka, ketik googleapp://robin, lalu ketuk Done di sudut kanan atas.

Meski tahapan ini sudah selesai, pengguna perlu mengganti beberapa hal agar pintasannya terlihat seperti aplikasi Gemini.

Pertama, nama pintasan Buka URL harus diganti menjadi Gemini. Berikutnya, pengguna perlu mengubah ikon dari pintasan.

Jika sudah selesai, ketuk Tambahkan di halaman Home Screen. Sekarang, saat kembali ke layar beranda iPhone, pengguna akan melihat ikon Gemini yang terlihat seperti aplikasi. Namun, ketika diklik, pengguna akan dibawa ke tautan Gemini.