Cara Menggunakan NameDrop di iOS 17, Berbagi Kartu Nama Jadi Lebih Mudah dan Cepat
Fitur baru untuk iOS 17 (Foto: Apple)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Apple Inc., melakukan pembaruan mayor di iOS17 dengan menambahkan empat fitur baru. Salah satunya adalah fitur NameDrop. Fitur ini cukup menarik, karena karena memungkinkan pengguna untuk berkenalan dengan orang baru yang sama-sama menggunakan iPhone. Lantas, apa itu NameDrop? Bagaimana cara menggunakan NameDrop di iOS 17? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa itu NameDrop?

NameDrop merupakan fitur baru untuk melengkapi fitur berbagi AirDrop yang telah lama dijejalkan di iPhone.

Disadur dari laman resmi Apple, NameDrop adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk berbai informasi kontak berupa kartu nama melalui koneksi AirDrop (WiFi dan Bluetooth) dengan hanya mendekatkan bagian ujung atas kedua iPhone.

Saat ujung atas didedatkan, kedua iPhone akan saling mendeteksi dengan menampilkan animasi khusus seperti cahaya lampu.

Setelah itu, informasi kontak yang seperti kartu nama dari masing-masing pengguna di iPhone akan dapat dibagikan secara otomatis.

Kartu nama yang di-share lewat NameDrip berisi nama pengguna, foto, profil, poster, nomor telepon, dan lainnya.

NameDrop membuat aktivitas berbagi kontak menjadi lebih mudah. Pengguna bisa memanfaatkan fitur ini untuk berbagi kontak atau kartu nama degan kenalan barunya yang sama-sama menggunakan iPhone iOS 17.

Cara Menggunakan NameDrop di iOS 17

Untuk dapat menggunakan fitur NameDrop di iOS 17, pengguna perlu membuat kartu nama yang berisi informasi kontak dan poster terlebih dahulu.

Berikut  cara membuat kartu nama di iPhone iOS 17:

  • Buka aplikasi Kontak di iPhone.
  • Buka menu “Kartu Saya” atau “My Card” dan klik opsi “Edit”.
  • Isi kartu nama dengan beberapa informasi kontak sesuai keinginan, seperti nomor telepon, alamat e-mail, alamat rumah, dan sebagainya.
  • Berikutnya, klik opsi “Edit” dan pilih “Buat Baru” untuk membuat desain kartu nama atau poster.
  • Bila sudah selesai, klik simpan.

Pengguna bisa menambahkan foto profil dari foto diri sendiri atau karakter emoji. Selain itu, pengguna juga dapat mengubah warna background kartu nama sesuai keinginan. Pun demikian dengan jenis font dari kartu nama yang tertera pada kartu tersebut.

Setelah membuat kartu nama di aplikasi Kontak, pengguna bisa membagikannya lewat fitur NameDrop ke pengguna iPhone iOS 17 lain. Sebelum membagikannya, pastikan koneksi AirDrop, Wifi, dan Bluetooth di iPhone telah aktif. Adapun cara menggunakan fitur NameDrop di iOS 17 adalah sebagai berikut:

  • Dekatkan bagian ujung atas kedua iPhone yang hendak berbagi kartu nama atau kontak
  • Berikutnya, akan muncul animasi cahaya di bagian ujung atas layar kedua iPhone.
  • Kartu nama akan siap untuk saling dibagikan.
  • Pada masing-masing kartu nama pengguna, akan muncul opsi “Receive Only” dan “Share”.
  • Bila memilih “Receiver Only”, pengguna hanya menerima kartu nama dari pengguna lain. Sementara jika memilih “Share”, pengguna bakal membagikan kartu namanya, sekaligus menerima kartu nama dari pengguna lain.
  • Ketika kartu nama dibagikan via NameDrop, isi kartu nama, seperti nama pengguna, foto profil, desain poster, dan lainnya akan tersimpan dalam daftar kontak.

Sekedar informasi, kartu nama pengguna tidak dapat dibagikan begitu saja meski kedua ujung atas iPhone saling didekatkan. Proses berbagi nama dengan fitur NameDrop dimulai ketika pengguna memilih opsi “Receive Only” atau “Share”.

Demikian informasi tentang cara menggunakan NameDrop di iOS 17. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.