Apple Kenalkan Banyak Fitur dan Peningkatan Baru iOS 17 di WWDC 2023, Intip Yuk!
Apple membawa peningkatan besar pada pengalaman komunikasi di Telepon, FaceTime, dan Messages (foto: dok. apple).

Bagikan:

JAKARTA - Masih dalam gelaran Worldwide Developer Conference (WWDC) 2023, Apple mengumumkan sejumlah besar fitur baru iOS 17.

Di Sistem Operasi (OS) anyar ini, Apple membawa peningkatan besar pada pengalaman komunikasi di Telepon, FaceTime, dan Messages, di mana pengguna akan lebih mudah, cepat berbagi dengan AirDrop serta koreksi otomatis menjadi lebih baik.

“Dengan iOS 17, kami membuat iPhone lebih personal dan intuitif dengan mempertimbangkan secara mendalam fitur-fitur yang kita semua andalkan setiap hari. Kami tidak sabar menunggu semua orang untuk mencobanya," ungkap wakil presiden senior Rekayasa Perangkat Lunak Apple, Craig Federighi.

Berikut ini fitur-fitur baru dan peningkatan yang paling menonjol dibawa oleh Apple untuk iOS 17, dikutip Selasa, 6 Juni.

1. Aplikasi Journal

iOS 17 juga memperkenalkan pengalaman baru dengan Journal, aplikasi yang bisa menyimpan berbagai jenis konten termasuk kontak, lokasi, musik, foto, podcast, dan olahraga.

2. Poster Kontak di Telepon

Di aplikasi Telepon pengguna akan melihat Poster Kontak yang dipersonalisasi, memberikan cara baru bagi pengguna untuk mengekspresikan diri.

Pengguna dapat menyesuaikan tampilannya, tipografi dan warna font yang menarik. Poster Kontak juga akan tersedia untuk aplikasi panggilan pihak ketiga.

3. Pesan Suara Langsung yang Ditingkatkan

Fitur ini memberi pengguna kemampuan untuk melihat transkripsi waktu nyata saat seseorang meninggalkan pesan suara, dan kesempatan untuk menjawab saat penelepon meninggalkan pesannya. Dengan kekuatan Neural Engine, transkripsi Live Voicemail ditangani di perangkat dan sepenuhnya tetap pribadi.

4. FaceTime dapat Fitur Baru

FaceTime kini mendukung pesan audio dan video sehingga ketika pengguna menelepon seseorang yang tidak tersedia, mereka dapat membagikan pesan yang dapat dilihat nanti.

Panggilan FaceTime juga menjadi lebih ekspresif dengan Reaksi. Ada juga efek baru yang dapat diaktifkan melalui gerakan sederhana dan aplikasi panggilan video pihak ketiga juga dapat memanfaatkannya.

Sekarang, FaceTime juga hadir untuk Apple TV 4K dan diidukung oleh Continuity Camera, pengguna dapat memulai panggilan video langsung dari Apple TV, atau di iPhone lalu meneruskannya ke Apple TV, untuk melihat teman dan keluarga di televisi mereka.

5. Messages Hadirkan Peningkatan

Apple menghadirkan stiker emoji baru dan kemampuan untuk membuat Stiker Langsung dengan mengangkat subjek dari foto di aplikasi Messages. Pengguna juga dapat menambahkan efek ke Stiker Langsung yang menghidupkannya, dan laci baru di keyboard menempatkan semua stiker pengguna di satu tempat untuk akses yang lebih mudah di iOS.

Messages juga memperkenalkan Check In, sebuah fitur penting ketika pengguna ingin memberi tahu ia telah tiba di tujuan dengan selamat kepada keluarga atau teman.

Jika mereka tidak mencapai tujuan, informasi berguna akan dibagikan sementara dengan kontak yang dipilih, seperti lokasi perangkat, tingkat baterai, dan status layanan seluler. Setiap informasi yang dibagikan dienkripsi secara end-to-end.

6. AirDrop dapat NameDrop

Perusahaan menghadirkan cara baru untuk berbagi di AirDrop dengan NameDrop. Pengguna bisa mudah berbagi informasi kontak hanya dengan menyatukan iPhone mereka, atau Apple Watch. Dengan gerakan yang sama, pengguna juga dapat berbagi konten atau memulai SharePlay untuk mendengarkan musik, menonton film, atau bermain gim dalam jarak dekat antar perangkat iPhone.

7. Koreksi Otomatis

Pengguna sekarang akan menerima rekomendasi teks prediktif sebaris saat mereka mengetik, jadi menambahkan seluruh kata atau melengkapi kalimat semudah mengetuk bilah spasi, membuat entri teks lebih cepat dari sebelumnya. Dikte memanfaatkan model pengenalan ucapan baru untuk menjadikannya lebih akurat.

8. StandBy

iOS 17 memperkenalkan StandBy, cara baru untuk melihat informasi sekilas saat iPhone sedang diisi daya dan dapat dilihat dari jarak jauh. Fitur ini dapat dipersonalisasi untuk menampilkan berbagai gaya jam yang indah, foto favorit, atau widget, termasuk Smart Stacks, yang memunculkan widget tepat pada waktunya.

Dengan dukungan untuk Aktivitas Langsung, Siri, panggilan masuk, dan pemberitahuan yang lebih besar, StandBy membuat iPhone semakin berguna saat dilihat dari jauh.

9. Safari Jadi Lebih Aman

Safari menambahkan perlindungan yang lebih besar untuk Penjelajahan Pribadi, baik dari pelacak saat pengguna menjelajah, maupun dari orang yang mungkin memiliki akses ke perangkat pengguna. Pelacakan lanjutan dan perlindungan sidik jari melangkah lebih jauh untuk membantu mencegah situs web melacak atau mengidentifikasi perangkat pengguna.

Penjelajahan Pribadi sekarang terkunci saat tidak digunakan, memungkinkan pengguna untuk tetap membuka tab bahkan saat menjauh dari perangkat.

10. Siri Tinggalkan Kata 'Hey'

Sekarang untuk mengaktifkan Siri, pengguna tidak perlu lagi mengucapkan 'Hey, Siri!' melainkan hanya 'Siri'. Setelah diaktifkan, pengguna dapat mengeluarkan beberapa perintah secara berurutan tanpa perlu mengaktifkan kembali asisten.

11. iOS 17 Bikin iPhone Makin Aman

Apple juga membawa pembaruan privasi mencakup perluasan Keamanan Komunikasi di luar Messages untuk membantu anak-anak tetap aman saat mengirim dan menerima konten melalui AirDrop, Poster Kontak, pesan FaceTime, dan saat menggunakan pemilih Foto untuk memilih konten yang akan dikirim. Itu juga diperluas untuk menutupi konten video selain gambar diam.

Fitur baru, Peringatan Konten Sensitif, membantu pengguna dewasa menghindari melihat gambar dan video telanjang yang tidak diinginkan. Seperti Keamanan Komunikasi, semua pemrosesan gambar dan video untuk Peringatan Konten Sensitif terjadi di perangkat, sehingga Apple tidak mendapatkan akses ke konten tersebut.

12. AirTag Bisa Tampung Banyak Orang

Terakhir, AirTag kini dapat dibagikan hingga lima orang. Di mana teman dan keluarga dapat melacak item di Find My. Setiap orang dalam grup akan dapat melihat lokasi item, memutar suara, dan menggunakan Pencarian Presisi untuk membantu menentukan lokasi AirTag bersama saat berada di dekatnya. Ini juga berfungsi dengan semua aksesori jaringan Find My lainnya.

Sebagai informasi, saat ini iOS 17 baru tersedia dalam versi beta pengembang, dan beta publik akan tersedia bulan depan. Untuk versi stabil, Apple menyatakan bakal diluncurkan menjelang akhir tahun nanti.

Namun, Apple mengingatkan, beberapa fitur mungkin tidak tersedia di semua wilayah, semua bahasa, atau di semua perangkat.