Ini Dia Tujuh Nomor Gim Esports yang Akan Bertanding di Asian Games Hangzhou
Pertandingan esports di ASIAN Games 2022 (foto: Garena)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa waktu lalu Federasi Olahraga Elektronik Asia atau Asian Electronic Sports Federation (AESF) mengumumkan tujuh nomor gim esports yang akan dipertandingkan dalam Road to Asian Games 2022 dan Asian Games Hangzhou yang akan dilaksanakan pada September mendatang. 

Adapun ketujuh nomor pertandingan itu adalah Arena of Valor (AoV) Asian Games version, DOTA 2, Dream Three Kingdoms, EA Sports FIFA, League of Legends (LoL), PUBG Mobile Asian Games version, dan Street Fighter V: Champion Edition.

Tahun ini adalah tahun pertama Arena of Valor dan PUBG Mobile dipertandingkan di ajang Asian Games. Pada Asian Games 2018, mereka hanya mempertandingkan Arena of Valor, Clash Royale, Hearthstone, League of Legends, Pro Evolution Soccer, dan StarCraft II saja. 

Di sini, pertandingan Arena of Valor dan PUBG Mobile dibuat ekslusif untuk perlombaan olahraga terbesar di Asia. AoV dengan format Asian Games Version dan PUBG Mobile dengan format Game for Peace. 

Format AoV 20 Asian Games Version

Bertanding dengan genre MOBA 5v5 draft mode, kedua tim akan dipisah menjadi tim biru dan tim merah. Terdapat 63 hero yang dapat dipilih dan untuk memenangkan gim ini, para atlet harus menghancurkan sebuah kristal milik lawannya.

Format Game For Peace Asian Games Version

Berbeda dari pertandingan PUBG Mobile pada umumnya, kali ini Game For Peace akan mempertandingkan gim ini layaknya olahraga sungguhan. Sebagai contoh, para atlet akan bertanding balap mobil, olahraga menembak, hingga parachuting

Dalam Road to Asian Games 2022, yang akan berlangsung di Macau mulai 15 Juni 2023, tim League of Legends, PUBG Mobile, dan Arena of Valor akan berkumpul di Macau untuk bertanding dalam turnamen offline, yang mencakup total 18 hari kompetisi.

DOTA 2 akan dipertandingkan secara online yang mencakup lima hari kompetisi. Sementara, jadwal pertandingan untuk Dream Three Kingdoms, FIFA, dan Street Fighter akan diumumkan lebih lanjut.

Road to Asian Games 2022 akan mempertemukan lima wilayah di Asia, yaitu Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara, Asia Tengah, dan Asia Barat, dengan menampilkan peserta dan tim teratas dari 29 negara dan wilayah.