Apple Ngebut Uji Coba iOS 16.5 Secara Internal Sebelum WWDC 2023
Ilustrasi Foto iOS 16 (foto: dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Sebelum Worldwide Developers Conference 2023 (WWDC) digelar pada Juni mendatang, Apple dikabarkan tengah melaju cepat dalam pengujian iOS 16.5 secara internal bulan ini.

Kemungkinan besar, iOS 16.5 akan menjadi salah satu pembaruan penting terakhir sebelum Apple mengumumkan iOS 17 di hajatan tahunannya itu.

Sayangnya, belum ada informasi mendetail apa yang akan dibawa Apple pada iOS 16.5, tetapi tidak sedikit yang menantikan fitur-fitur seperti akun tabungan Apple Card, aplikasi Apple Music Classical dan opsi keamanan iMessage Contact Key Verification.

Begitu juga dengan layanan baru beli sekarang bayar nanti, Apple Pay Later. Perlu diingat saat ini Apple baru memiliki iOS 16.3.1, yang di mana belum lama perusahaan telah meluncurkan iOS 16.4 beta pertama, yang hanya tersedia untuk pengembang dan penguji.

Di antara fitur yang dikonfirmasi dari beta ini, ada emoji baru, pemberitahuan push web, dan peningkatan di aplikasi Podcast.

Sementara untuk iOS 17, jurnalis Bloomberg Mark Gurman menyebutkan Apple akan memperkenalkan CarPlay generasi berikutnya, yang akan menawarkan integrasi lebih dalam dengan fungsi kendaraan seperti A/C dan radio FM, dukungan untuk banyak tampilan di seluruh dasbor, peningkatan personalisasi, dan banyak lagi.

Apple mengatakan kendaraan pertama dengan CarPlay generasi berikutnya akan diumumkan pada akhir 2023, dengan merek-merek yang berkomitmen termasuk Acura, Audi, Ford, Honda, Mercedes-Benz, Nissan, Porsche, Volvo dan lainnya.

Selain itu, iOS 17 juga diklaim akan mengizinkan toko aplikasi alternatif di iPhone di Eropa, seperti yang disyaratkan aturan pada Digital Markets Act.

Gurman sebelumnya melaporkan perubahan tersebut akan diterapkan pada pertengahan 2024 sebagai bagian dari versi iOS 17 yang lebih baru, seperti dikutip dari MacRumors, Senin, 27 Februari.