Bagikan:

JAKARTA - Apple akan membawa perubahan besar pada antarmuka iPhone lewat iOS 17, yang dapat mengubah perangkat menjadi layar tampilan pintar untuk menampilkan segala informasi.

Jurnalis Bloomberg, Mark Gurman yang pertama kali melaporkan perubahan ini menyatakan, antarmuka baru tersebut akan muncul saat iPhone yang menjalankan iOS 17 dalam orientasi lanskap (horizontal) dan terkunci.

Antarmuka baru akan menampilkan janji temu kalender, informasi cuaca, dan pemberitahuan dalam gaya baru yang mengingatkan pada tampilan pintar independen.

Tujuannya adalah menjadikan iPhone berguna seperti layar pintar Google Nest Hub atau layar pintar Amazon Echo saat ponsel diletakkan di meja pengguna atau di nakas.

Selain itu, akan ada latar belakang gelap dengan teks cerah agar mudah dibaca saat fitur ini diaktifkan. Apple dikatakan juga sedang mengerjakan antarmuka horizontal baru untuk iPad, tetapi tidak jelas kapan itu akan terjadi.

Hal ini karena perusahaan belakangan lambat dalam menghadirkan fitur iPhone baru ke tabletnya. Terlebih, Apple tampaknya masih mengembangkan tablet murah yang dapat menempel secara magnetis ke dinding dan dudukan.

Melansir GSM Arena, Kamis, 25 Mei, aplikasi Wallet turut akan mendapatkan beberapa perubahan signifikan di iOS 17, dan juga akan ada peningkatan pada layanan lokasi, serta aplikasi penjurnalan baru yang dirancang untuk menambahkan pencatatan dan elemen sosial yang lebih kuat ke perangkat.

Terakhir, Gurman mengatakan Apple telah berdiskusi dengan hotel untuk mengizinkan tamu dengan perangkat Apple mengirim video dan audio ke perangkat yang ditawarkan kepada tamu hotel.

Gurman memperkirakan, Apple akan mengungkapkan pratinjau iOS 17 di WWDC 2023 yang dimulai dalam 12 hari. Bocoran kuat juga menyebutkan headset realitas campuran AR / VR Apple bakal diperkenalkan setelah bertahun-tahun.