Kabar Terbaru iOS 16 Bakal Diluncurkan Bulan Depan, Intip Berbagai Fiturnya!
Ilustrasi iOS 16 di iPhone (Sahej Brar / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sebentar lagi iOS 16 akan tiba dalam gelaran tahunan terbesar Apple, WWDC 2022. Tentu akan membawa sejumlah fitur untuk iPhone, mencakup fitur layar selalu aktif (always-on display), dan menyertakan wallpaper dengan kemampuan seperti widget.

Dilaporkan pertama kali oleh jurnalis Bloomberg, Mark Gurman dalam artikel Power On-nya yang mendapat informasi dari sumber terpercaya Apple, mengatakan mode layar selalu aktif merupakan fitur eksklusif untuk model iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

"Saya diberitahu bahwa iOS 16 membangun dukungan masa depan untuk layar kunci yang selalu aktif, sesuatu yang awalnya direncanakan Apple untuk iPhone 13 tahun lalu," ungkap Gurman.

"Ini akan memungkinkan iPhone untuk menurunkan kecepatan bingkai secara signifikan pada layar kunci dan menampilkan informasi yang dapat dilihat dengan cepat, mirip dengan Apple Watch yang lebih baru," sambungnya.

Apple memang menyertakan panel layar polikristalin oksida (LPTO) suhu rendah di jajaran iPhone 13 Pro, sebuah teknologi yang berpotensi menawarkan tampilan selalu aktif.

Namun melansir Apple Insider, Senin, 30 Mei, dukungan ProMotion yang disertakan hanya mencapai 120Hz tetapi bervariasi antara 10Hz dan 120Hz, berbeda dengan Apple Watch yang dapat memperbarui kecepatan refresh satu kali setiap menit.

Selain itu, iOS 16 diperkirakan juga akan menyertakan aplikasi bawaan yang diperbarui, serta cara baru untuk berinteraksi, tetapi tetap mempertahankan estetika yang sama dengan iOS 15.

Menurut Gurman, ini dapat mencakup pembaruan pada pemberitahuan multitasking iPad, dan pembaruan pada aplikasi Messages dan Health. Pada Messages, ia bisa mendapatkan fungsi seperti jaringan sosial, dengan perubahan besar di sekitar pesan audio.

Fitur layar selalu aktif juga akan menjadi tambahan yang bagus untuk lini iPhone 14 Pro, setelah desain ulang diharapkan datang dengan punch hole plus pill cutout baru untuk menggantikan takik.

Bersamaan dengan fitur always-on display, iPhone 14 Pro yang dikabarkan juga akan memiliki chip A16 Bionic dan kamera belakang 48 megapiksel. Baik iOS 16 maupun iPhone terbaru diklaim akan diluncurkan di WWDC 2022 pada 6 Juni.