Bagikan:

JAKARTA – Apple telah menjanjikan banyak peningkatan dan pembaruan di iOS 18, bahkan sistem operasi (OS) ini diklaim sebagai pembaruan OS terbesar. Namun, peningkatan fiturnya masih dilakukan secara bertahap.

Apple Intelligence, inovasi yang menghadirkan fitur berbasis Kecerdasan Buatan (AI), juga belum dirilis sepenuhnya di OS terbaru ini. Masih banyak pembaruan minor yang akan menyertakan fitur baru dan iOS akan merilis iOS 18.2 beta dalam waktu dekat.

Jika melihat dari timeline peluncuran iOS setiap tahunnya, mengutip dari 9to5mac, Apple diperkirakan akan merilis iOS 18.2 dalam versi stabil pada Desember mendatang. Pembaruan OS angka minor ini diperkirakan akan merilis sejumlah peningkatan ini. 

Siri Terintegrasi dengan ChatGPT

Fitur ini paling banyak ditunggu sejak iOS 18 dipamerkan di Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024. Dengan mengintegrasikan ChatGPT ke Siri, asisten virtual ini akan menjadi lebih cerdas dalam merespons dan menanggapi ucapan pengguna. 

CEO Apple, Tim Cook, sempat mengatakan bahwa kolaborasi ini akan diluncurkan pada akhir tahun kalender. Oleh karena itu, fitur ini sudah pasti akan disempurnakan saat iOS 18.2 dirilis ke publik. 

Genmoji dan Image Playground

Fitur lainnya yang diyakini akan rilis di iOS 18.2 adalah Genmoji dan Image Playground. Hingga saat ini, kedua fitur tersebut belum terlihat dalam versi beta, tetapi laporan yang beredar mengatakan bahwa Genmoji dan Image Playground akan dirilis pada akhir tahun.

Hearing Health AirPods Pro 2

Saat merilis iPhone 16, Apple mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan fitur kesehatan bernama Hearing Health. Fitur ini hanya tersedia untuk AirPods Pro 2 yang terhubung dengan iPhone 16 series.

Selain itu, fitur kesehatan lainnya juga akan ditambahkan sebagai alat bantu dengan, tetapi fitur ini masih menunggu persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA). Hearing Health dan alat bantu dengan terbaru akan tersedia di iOS 18.2.