Bagikan:

JAKARTA – Beberapa waktu lalu, Apple mengatakan bahwa inovasi Apple Intelligence akan ditambahkan ke iOS 18 pada musim gugur tahun ini. Meski iOS 18 versi beta sudah dirilis, teknologi baru ini belum terlihat.

Menurut laporan Bloomberg, peluncuran Apple Intelligence akan tertunda hingga iOS 18.1. Artinya, seluruh pengguna iPhone yang kompatibel dengan iOS 18 akan mendapatkan teknologi Kecerdasan Buatan (AI) ini pada Oktober, bukan September.

Versi beta dari iOS 18.1 akan diluncurkan dalam waktu dekat sehingga kita bisa mengetahui fitur AI apa saja yang akan diluncurkan oleh Apple. Ada beberapa fitur yang diperkirakan akan langsung tersedia di iOS 18.1, yaitu Image Playground dan Genmoji.

Integrasi ChatGPT ke dalam Siri mungkin tidak akan diluncurkan saat sistem operasi (OS) terbaru ini dirilis ke publik. Dari rumor yang beredar, kolaborasi Siri dan ChatGPT akan ditambahkan ke iOS pada musim semi atau hampir pertengahan tahun depan.

Jika Apple Intelligence akan ditambahkan ke iOS 18.1, inovasi AI ini tidak akan tersedia di iPhone 16. Pasalnya, perangkat ini diperkirakan rilis pada September, sedangkan iOS 18.1 diluncurkan beberapa minggu setelah iPhone 16 sudah tersedia secara global.

Apple menargetkan penyelesaian pengembang iOS dan iPadOS 18 pada akhir Juli sehingga perusahaan itu bisa fokus pada pengembangan Apple Intelligence. Kemungkinan besar, perbaikan bug dan stabilitas fitur akan membutuhkan waktu lebih lama.

Belum ada informasi kapan Apple Intelligence akan tersedia di macOS Sequioa. Biasanya, jarak peluncuran pembaruan OS tidak terlalu jauh atau bahkan dilakukan di hari yang sama. Peluncuran Apple Intelligence di macOS mungkin bertepatan dengan iOS 18.1.