Bagikan:

JAKARTA - Versi pertama Apple Intelligence kini tersedia untuk pengembang, namun masih banyak fitur yang belum ada. iOS 18.1 beta 1 memperkenalkan Siri baru, misalnya, tetapi masih belum memiliki fitur penting seperti integrasi ChatGPT. Dalam panggilan pendapatan Apple pekan lalu, Tim Cook, CEO Apple, membahas peluncuran bertahap fitur Apple Intelligence dan secara khusus menyebutkan jadwal untuk dukungan ChatGPT.

Dalam panggilan pendapatan Apple, banyak analis menanyakan tentang Apple Intelligence. Wall Street ingin tahu seberapa besar dampak AI terhadap keuntungan Apple.

Selama panggilan tersebut, Amit Daryanani dari Evercore menanyakan tentang peluncuran fitur AI. Khususnya, dia menanyakan apakah Apple Intelligence akan diluncurkan secara bertahap.

Berikut adalah tanggapan Tim Cook. "Peluncuran, seperti yang kami sebutkan pada bulan Juni, kami sebenarnya sudah mulai dengan pengembang minggu ini. Kami mulai dengan beberapa fitur Apple Intelligence, bukan seluruh paket. Ada fitur lain seperti bahasa selain bahasa Inggris AS yang akan diluncurkan sepanjang tahun, dan ada fitur lain yang akan diluncurkan sepanjang tahun, dan ChatGPT akan diintegrasikan pada akhir tahun kalender, jadi, ya, ini adalah peluncuran bertahap," kata Cook.

Tentu pernyataan itu sebagian besar  tidak mengejutkan. Publik sudah tahu bahwa Apple Intelligence akan diluncurkan hanya dalam bahasa Inggris AS, dengan tambahan bahasa lainnya akan datang tahun depan. Catatan kaki di situs web Apple sendiri mengatakan demikian.

Publik juga tahu bahwa tidak semua fitur akan tersedia saat peluncuran. Dalam keynote WWDC-nya, Apple menyoroti bahwa kemampuan tertentu dari Siri akan diluncurkan secara bertahap.

Waktu Integrasi ChatGPT dengan Apple Intelligence

Sampai saat ini, diasumsikan bahwa integrasi ChatGPT akan hadir dalam peluncuran awal Apple Intelligence di iOS 18.1. Namun fitur ini tidak ada di beta pertama 18.1, tetapi ekspektasi saat ini adalah bahwa beta mendatang akan menambahkan lebih banyak fitur Apple Intelligence.

Namun, ketika berbicara tentang peluncuran bertahap Apple Intelligence, dan tanpa diminta oleh siapa pun, Tim Cook menyebut integrasi ChatGPT akan datang 'pada akhir tahun kalender.'

Meskipun belum ada pengumuman resmi, tampaknya ChatGPT tidak akan hadir saat peluncuran Apple Intelligence di iOS 18.1. Sebaliknya, fitur ini tampaknya akan hadir di iOS 18.2 pada akhir tahun.

Kapan iOS 18.2 Akan Dirilis

Apple biasanya merilis dua pembaruan poin untuk versi OS utama sebelum tahun kalender berakhir. Misalnya, berikut adalah tanggal peluncuran iOS 17 tahun lalu:

iOS 17.0: 18 September

iOS 17.1: 25 Oktober

iOS 17.2: 11 Desember

Polanya serupa dengan iOS 16 tahun sebelumnya:

iOS 16.0: 12 September

iOS 16.1: 24 Oktober

iOS 16.2: 13 Desember

Dengan asumsi pola ini bertahan, publik seharusnya akan melihat peluncuran Apple Intelligence pada bulan Oktober dengan iOS 18.1. Namun, jika membaca komentar Cook dengan benar, integrasi ChatGPT tidak akan hadir hingga iOS 18.2 pada bulan Desember. Mungkin bersamaan dengan lebih banyak fitur AI seperti Genmoji dan alat generasi gambar lainnya.

Fitur Apple Intelligence mana yang paling Anda nantikan? Apakah Anda pikir fitur-fitur tersebut akan hadir pada peluncuran awal 18.1?