Bagikan:

JAKARTA – Samsung meluncurkan banyak perangkat di Galaxy Unpacked. Salah satu perangkat yang mereka luncurkan adalah earbuds terbaru, yaitu Galaxy Buds 3 dan Buds 3 Pro.

Sejak awal dipamerkan, perangkat ini banyak diejek karena tampilannya yang sangat mirip dengan AirPods dan AirPods Pro. Sebelumnya, Buds yang diluncurkan Samsung selalu berbentuk bulat, tetapi kini perangkat audio itu memiliki tangkai.

Dengan banyaknya tuduhan penjiplakan desain yang diterima Samsung, Ketua Samsung Electronics Jay Y. Lee dikabarkan marah karena masalah ini.

Lee bahkan menegur langsung divisi seluler yang merancang Galaxy Buds 3 dan Buds 3 Pro.

Berdasarkan laporan Aju News, dilansir melalui SamMobile, Lee memerintahkan divisi seluler di Samsung Mobile EXperience (MX) untuk mengkaji ulang desainnya. Samsung juga telah mengambil tindakan personal terhadap beberapa eksekutif.

Salah satu sumber yang mengetahui permasalahan ini mengatakan internal perusahaan sedang mengalami ketegangan, khususnya Samsung MX. Pasalnya, seri Galaxy Buds 3 tidak hanya diterpa rumor penjiplakan, tetapi juga masalah kualitas.

"Pimpinan (Lee) sendiri turun tangan setelah kontroversi mengenai plagiarisme desain Apple dan masalah kualitas seputar seri Buds 3 dan Galaxy Watch 7 yang dirilis bulan lalu. Suasana internal saat ini sangat buruk."

Seri Galaxy Buds 3 pertama kali diluncurkan di Korea Selatan sebelum dipasarkan secara internasional. Saat pertama kali dirilis, Galaxy Buds 3 Pro mendapatkan banyak kritikan di negara asalnya karena masalah pada kontrol kualitas.

Perangkat ini memiliki beberapa masalah seperti sambungan earbuds yang tidak pas, noda cat biru, engsel casing yang longgar, lecet pada tutup casing, dan masih banyak lagi. Namun, masalah ini hanya ditemukan pada earbuds berwarna putih.