Bagikan:

JAKARTA – Samsung menghapus dukungan ekstensi aplikasi dari pihak ketiga di keyboard buatannya. Ekstensi yang dihapus dari Samsung Keyboard adalah YouTube, Grammarly, dan Spotify.

Ditemukan pertama kali oleh SamMobile, keyboard bawaan di ponsel Samsung Galaxy ini menghapus ekstensi aplikasi pihak ketiga yang paling populer dan banyak digunakan.

Penghapusan ini pun dilakukan diam-diam tanpa pengumuman apa pun.

Belum diketahui mengapa Samsung menghapus tiga ekstensi ini dari keyboard buatannya. Namun, penghapusan ekstensi Grammarly cukup aneh karena aplikasi ini terintegrasi dengan Samsung Keyboard dan sudah tertanam sejak One UI 4.1.

Sejak pertama kali diintegrasikan, Grammarly membantu Samsung Keyboard untuk menulis dengan tepat. Ekstensi ini akan menyoroti tata bahasa atau struktur penulisan yang salah dan memberikan saran perbaikan kepada penggunanya.

Ekstensi Spotify memiliki fungsi yang berbeda. Pengguna Samsung Keyboard bisa mencari lagu, album, atau daftar putar yang ingin mereka bagikan ke teman atau orang terdekat. Dengan menggunakan ekstensi Spotify, pengguna bisa berbagi musik dengan mudah.

Hampir sama seperti ekstensi Spotify, ekstensi YouTube bisa digunakan untuk mencari lagu atau video di platform streaming tersebut. Pengguna tidak perlu membuka aplikasi asli saat ingin membagikan tautan lagu atau video yang mereka lihat di YouTube.

Ekstensi Spotify dan YouTube sepertinya telah dihapus di seluruh ponsel Galaxy, tetapi ekstensi Grammarly masih terlihat di Galaxy S24 Ultra. Namun, ekstensi ini sudah tidak meyoroti teks atau struktur kalimat yang salah.