Bagikan:

JAKARTA – Google akan meluncurkan ekstensi Spotify ke dalam Gemini. Dengan adanya ekstensi ini, Spotify akan terintegrasi dengan Gemini dan pengguna bisa menggunakan model Kecerdasan Buatan (AI) itu sebagai akses cepat.

Pada Mei lalu, Google menambahkan ekstensi YouTube Music ke dalam Gemini. Setelah ditambahkan sebagai ekstensi, Gemini bisa menemukan musik, mencari album dari penyanyi tertentu, mencari genre lagu tertentu, hingga memutarkan lagu di YouTube Music.

Semua hal itu bisa dilakukan melalui pengalaman chatbot AI. Pengguna hanya perlu mengajukan perintah dan Gemini akan melakukannya. Meski belum diketahui waktu peluncurannya, pengguna Gemini bisa melakukan hal yang sama dengan Spotify.

Ditemukan pertama kali oleh Android Authority, integrasi Spotify dengan Gemini ini tersembunyi di dalam pembaruan aplikasi Google untuk Android. Gemini menggunakan nama kode Robin dan di sampingnya ada penjelasan tentang Spotify.

Pembaruan Google versi 15.22.28.29 memperlihatkan string kode yang menunjukkan beberapa aktivitas Spotify, seperti proses untuk masuk ke dalam akun atau login dan pemutaran musik di Spotify secara cepat.

Meski tanda-tanda integrasi ini sudah terlihat, belum dapat dipastikan kapan pengguna Gemini bisa memutar Spotify melalui Gemini. Sepertinya, integrasi ini tidak akan terjadi dalam waktu dekat karena YouTube Music mengalami hal serupa.

Bukti integrasi YouTube Music dengan Gemini sudah terlihat cukup lama, tetapi ekstensinya baru diluncurkan Mei lalu. Meski sudah diluncurkan, perintah penggunaan YouTube Music di Gemini belum bekerja secara maksimal.