Bagikan:

JAKARTA – Selain mengembangkan perangkat baru yang akan diluncurkan tahun ini, termasuk iPhone 16, Apple juga fokus menyiapkan perangkat yang akan diluncurkan dalam beberapa tahun mendatang.

Sejak awal tahun ini, Apple dikabarkan sedang mengembangkan perangkat lipat untuk diluncurkan pada tahun 2026. Laporan terbaru dari Analis Jeff Pu mengungkapkan Apple akan meluncurkan dua perangkat lipat sekaligus, yaitu iPhone dan iPad lipat.

Pada akhir Juli lalu, Apple menandatangani kontrak pasokan panel untuk mengembangkan ponsel lipat pertamanya. Kabarnya, ponsel lipat ini akan menggunakan metode lipat vertikal atau bergaya clamshell, mirip dengan Samsung Galaxy Flip.

Selain ponsel lipat, Apple juga akan mengembangkan perangkat yang tidak biasa, yaitu hibrida iPad/MacBook.

Perangkat ini merupakan iPad yang dapat dilipat dan bekerja seperti MacBook dengan ukuran layar penuh 18,8 inci.

Meski diluncurkan di tahun yang sama, Jeff Pu memperkirakan bahwa iPad lipat akan diluncurkan lebih dulu, sedangkan iPhone lipat akan diluncurkan pada akhir tahun.

Sepertinya, ponsel ini akan dirilis berbarengan dengan seri iPhone lainnya.

Hingga saat ini, informasi mengenai perangkat lipat Apple masih sangat terbatas. Belum diketahui chipset apa yang akan digunakan, bagaimana desainnya, fitur apa yang akan dibawa, dan apa nama perangkat yang ditetapkan.

Selama proses pengembangan perangkat lipat, beberapa perubahan mungkin akan terjadi. Apple bisa meluncurkan iPhone dan iPad lipatnya lebih cepat atau bahkan lebih lama dari yang diperkirakan.