Bagikan:

JAKARTA – Kabar mengenai pembuatan iPhone lipat pertama dari Apple terus beredar. Kali ini, kabar terbaru mengungkapkan bahwa Apple akan merilis perangkat foldable-nya paling cepat pada tahun 2026.

Dikutip dari The Information, Apple sedang membuat ponsel lipat dengan bentuk horizontal atau bergaya clamshell. Ponsel ini masih dalam tahap pengembangan prototipe awal pada Februari lalu, tetapi kini Apple telah menetapkan desain untuk perangkatnya.

iPhone lipat ini sudah memiliki nama panggilan internal, yaitu V68, sehingga Apple telah menetapkan ide dan memasuki tahap konseptual. Perangkat ini sedang dalam tahap pengembangan bersama pemasok dari perangkat lunaknya.

Laporan lainnya mengungkapkan bahwa Apple sedang mengatasi masalah lipatan yang muncul setiap kali ponsel dibuka. Lipatan ini seharusnya tidak terlihat atau menonjol. Selain itu, Apple sedang mengupayakan perangkat yang lebih tipis.

Sepertinya, iPhone lipat pertama dari Apple akan terlihat seperti Galaxy Flip dengan dimensi yang tidak jauh berbeda dari iPhone pada umumnya. Mengingat ponsel lipat tidak mudah untuk dibuat, ada kemungkinan perangkatnya baru diluncurkan di tahun 2027.

Sementara itu, muncul laporan bahwa Apple tak hanya mengembangkan ponsel lipat, tetapi juga tablet lipat yang bisa berfungsi seperti MacBook. Perangkat yang terdengar tidak biasa ini mungkin akan diluncurkan bersamaan dengan ponsel lipat Apple.

Meski inovasi tablet lipat sudah ada sebelumnya, seperti Lenovo Thinkpad X1 Fold, ini merupakan langkah yang tepat dari Apple. Pasalnya, pesaing Apple seperti Samsung dan Google belum meluncurkan tablet yang dapat dilipat hingga saat ini.