Bagikan:

JAKARTA - Meta telah mengajukan paten untuk meniru fitur EyeSight Vision Pro dalam headset realitas virtual miliknya.

Tidak mengherankan bahwa Meta memperhatikan Vision Pro dan mencari pelajaran yang dapat diambil untuk headset Quest mereka sendiri. Namun, sebenarnya agak mengejutkan bahwa Meta berusaha menyalin fitur yang kurang diterima dengan baik dan kemungkinan akan dihapus oleh Apple.

Fitur EyeSight menggunakan pemindaian wajah untuk menciptakan gambar virtual mata pengguna pada layar eksternal.

Apple membuat fitur ini sebagai hal penting ketika pertama kali mengumumkan komputer spasial mereka, dengan klaim bahwa ini memecahkan salah satu masalah besar dengan headset VR – isolasi sosial.

"Kami mengembangkan EyeSight, karena kami tahu lebih dari segalanya, jika kami akan menutupi mata Anda, itu akan menghilangkan banyak hal yang mungkin terjadi ketika Anda terhubung dengan orang lain. Mendapatkan ini dengan benar adalah inti dari konsep produk karena kami ingin orang-orang tetap terhubung di dunia nyata mereka," kata Apple.

Namun, para pengulas tidak begitu terkesan, banyak yang menunjukkan kesenjangan besar antara gambar promosi Apple dan kenyataannya, dan pengalaman pribadi saya adalah bahwa fitur ini benar-benar tidak berguna.

Apple diperkirakan akan menghapus fitur ini ketika mereka membuat model Apple Vision yang lebih terjangkau.

Meta Ajukan Paten untuk Fitur yang Sama

Apple menemukan pengajuan paten Meta yang tampaknya adalah fitur yang sama.

Paten Meta Platforms secara resmi berjudul “Embedded Sensors in Immersive Reality Headset to enable Social Presence.” Ini juga mengonfirmasi bahwa perombakan headset Quest atau desain headset baru sedang dipertimbangkan untuk mendukung fitur ini. Untuk membedakan dari Apple’s EyeSight, Meta mencatat bahwa beberapa sensor dalam antarmuka wajah mungkin termasuk sensor kesehatan.

Hukum paten tidak memungkinkan perusahaan untuk melindungi ide, hanya metode untuk mengimplementasikan ide tersebut, sehingga perusahaan dapat menyalin ide dan bahkan mendapatkan paten sendiri untuk metode pelaksanaannya.