Bagikan:

JAKARTA – WhatsApp merupakan salah satu platform pesan instan yang banyak digunakan. Jika aplikasi ini mengalami masalah, Anda mungkin akan ketinggalan informasi dab tidak bisa berinteraksi dengan orang lain.

Ada banyak masalah yang mungkin terjadi di WhatsApp, salah satunya kesulitan dalam mengunduh gambar dan video karena beberapa faktor.

Jika WhatsApp Anda sedang mengalami hal ini, berikut ini beberapa perbaikan yang bisa Anda lakukan, dikutip dari Makeuseof.

Koneksi Internet yang Buruk

Perangkat Anda mungkin mengalami masalah koneksi sehingga tidak bisa mengunduh gambar dan video dari pengguna lain. Untuk memastikan apakah koneksi Anda sedang buruk, Anda bisa membuka aplikasi lain yang membutuhkan internet.

Jika masalahnya memang dari koneksi internet Anda, coba untuk menyalakan dan mematikan mode pesawat untuk menyalakan ulang koneksi jaringannya. Jika koneksi internet Anda masih bermasalah, Anda bisa beralih ke koneksi Wi-Fi lain untuk sementara waktu.

Tutup Paksa Aplikasi WhatsApp

Saat koneksi internet Anda berjalan dengan baik, masalah mungkin berasal dari aplikasinya. Cara paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menutup paksa aplikasi melalui Pengaturan perangkat.

Setelah itu, cari menu Aplikasi dan pilih WhatsApp. Jika halaman aplikasi sudah terbuka, ketuk opsi Paksa Berhenti di bagian bawah. Tunggu beberapa saat, lalu buka lagi aplikasinya untuk melihat apakah gambar dan video dari pengirim lain sudah terunduh.

Periksa Kapasitas Penyimpanan Ponsel

Anda mungkin tidak menyadari bahwa memori penyimpanan ponsel Anda sudah penuh. Jika notifikasi di perangkat Anda terlalu banyak, peringatan mengenai memori yang penuh mungkin akan tertimbun dan tidak terlihat.

Karena itu, Anda perlu memeriksa apakah penyimpanan ponsel Anda masih banyak atau sudah hampir habis. Jika ternyata sudah hampir penuh, hapus file atau aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan untuk mengurangi kapasitas penyimpanan.

WhatsApp Sedang Error

Masalah berikutnya yang mungkin terjadi adalah eror dari aplikasi itu sendiri. Untuk memastikan bahwa Anda bukan satu-satunya orang yang mengalami masalah ini, Anda bisa beralih ke aplikasi media sosial lain seperti X atau Threads.

Cari tahu apakah ada orang lain yang sedang mengalami masalah ini. Jika banyak pengguna yang terdampak, WhatsApp mungkin sedang menghadapi masalah dari sisi server. Anda tidak bisa melakukan apa pun selain menunggu hingga masalah diperbaiki.