Video di WhatsApp Tidak Bisa Dibuka, Lakukan Cara Ini untuk Mengatasinya
Video di WhatsApp Tidak Bisa Dibuka, Lakukan Cara Ini untuk Mengatasinya (Androidetvous)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Aplikasi pesan instan WhatsApp memiliki banyak fitur, salah satunya adalah fitur chat. Tidak hanya digunakan untuk mengirim pesan teks, fitur chat juga bisa digunakan mengirim file PDF, gambar hingga video.

Namun, sejumlah pengguna mungkin pernah mengalami masalah saat ingin membuka video yang dikirim melalui pesan chat di WhatsApp. Salah satu yang paling sering terjadi adalah video yang Anda terima tidak bisa diputar di perangkat Anda.

Jika Anda mengalami masalah tersebut pengguna tidak perlu khawatir karena masalah seperti itu kerap dialami oleh pengguna WhatsApp, pengguna dapat melakukan sejumlah cara yang dirangkum oleh tim VOI di bawah ini.

1. Cek Koneksi Internet Anda

Salah satu penyebab yang membuat video di WhatsApp Anda tidak bisa dibuka adalah koneksi internet yang kurang stabil atau jaringan buruk. Hal tersebut membuat perangkat Anda tidak bisa mengunduh file video dengan sempurna sehingga video tidak bisa diputar.

Jika video di WhatsApp Anda mengalami masalah ini, maka tampilan preview video Anda akan terlihat gelap. Untuk mengatasinya, pengguna dapat memeriksa koneksi internet di perangkat yang Anda gunakan.

2. Cek Ruang Penyimpanan

Selain koneksi internet, sebab lain yang membuat video di WhatsApp tidak bisa diputar adalah ruang penyimpanan di perangkat Anda yang penuh. Pengguna dapat menghapus sejumlah file yang tidak digunakan lagi.

Hal ini disebabkan konten multimedia seperti gambar, suara, dan video memproduksi sejumlah data yang akan tersimpan ke dalam memori internal di perangkat Anda.

Oleh karenanya, jika ruang penyimpanan di ponsel Anda penuh, maka file di dalam WhatsApp baik foto, audio, maupun foto tidak dapat dibuka karena belum tersimpan di dalam perangkat.

3. Update Aplikasi WhatsApp

Seperti aplikasi pada umumnya, WhatsApp juga melakukan update secara berkala. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan aplikasi versi lama dapat menyebabkan sejumlah fitur tidak dapat bekerja dengan sempurna.

Oleh karena itu, pengguna dapat memperbarui atau melakukan update aplikasi WhatsApp Anda secara berkala. Pengguna dapat cek pembaruan di Google Play Store dan klik menu update apabila tersedia update terbaru.

4. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Apabila pengguna sudah melakukan 3 cara di atas, tetapi masalah video tidak bisa diputar tetap terjadi, Anda dapat menginstall ulang aplikasi WhatsApp Anda.

Hal itu dapat menjadi solusi dari masalah WhatsApp yang beragam, salah satunya adalah memperbaiki video yang tidak dapat diputar di perangkat Anda.

Sebelum Anda melakukan install ulang aplikasi, pengguna sebaiknya mencadangkan data-data yang penting supaya tidak hilang saat proses instalasi dilakukan.

Itu tadi sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah video di aplikasi WhatsApp yang tidak bisa diputar.