Cara Menggunakan Fitur Once View di WhatsApp untuk Kirim Foto Sekali Lihat
Cara Menggunakan Fitur Once View di WhatsApp (DNA India)

Bagikan:

YOGYAKARTA - WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya mengirim foto atau video dalam sekali lihat saja. Fitur bernama "Once View" tersebut dapat Anda gunakan saat berkirim pesan kepada pengguna lain.

Cara kerja fitur Once View di WhatsApp adalah membuat foto atau video yang Anda kirimkan kepada orang lain, hanya bisa dilihat sekali saja. Setelah foto atau video yang Anda kirim sudah diterima dan dilihat, maka secara otomatis akan dihapus.

Foto atau video tersebut juga tidak tersimpan dalam galeri foto penerima. Dengan kata lain foto atau video yang Anda kirim akan benar-benar hilang setelah dilihat oleh penerimanya.

Untuk menggunakan fitur Once View di aplikasi WhatsApp pun sangat mudah. Pengguna dapat menekan ikon Once View saat akan mengirimkannya pada kolom chat sebelum mengirimnya.

Namun, jika Anda masih bingung memakainya, tim VOI telah merangkum tutorial yang dapat Anda ikuti untuk menggunakan fitur Once View di aplikasi WhatsApp berikut ini.

Cara Mengirim Foto atau Video Sekali Lihat di WhatsApp

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan fitur Once View saat mengirim pesan dengan WhatsApp adalah membuka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu di smartphone pengguna.

Selanjutnya, pilih salah satu kontak di WhatsApp Anda yang akan dikirimi foto atau video. Tekan ikon lampiran atau paperclip yang terdapat pada bagian bawah dan pilih galeri.

Setelah itu, pengguna dapat memilih foto atau video yang hendak dikirim kepada kontak tersebut. Kemudian Anda dapat mengisi kolom keterangan yang ada, atau menulis caption di bagian teks.

Pilih menu "Once View" atau ikon angka 1 yang terdapat dalam lingkaran, hingga berwarna hijau. Kemudian, klik tombol "Kirim Pesan".

Setelah Anda mengirimnya, maka di histori chat Anda akan muncul keterangan foto dengan ikon angka 1 di sebelahnya. Hal itu menunjukkan bahwa pesan yang Anda kirim sudah berhasil.

Jika orang yang menerima foto atau video yang dikirim dengan fitur Once View tesebut sudah membuka pesan tersebut, maka akan ada keterangan "Dibuka" pada keterangan chat di WhatsAppnya.

Setelah itu, pesan tersebut tidak dapat dilihat lagi, baik oleh pengirim maupun penerimanya. Hal itu pun dapat membuat ruang penyimpanan Anda menjadi tidak mudah penuh.

Demikianlah cara menggunakan fitur Once View yang dapat Anda gunakan di aplikasi WhatsApp. Anda dapat melakukan langkah-langkah di atas untuk membuat foto atau video yang Anda kirim tidak tersimpan di ruang penyimpanan smartphone.