Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Terhapus, <i>Restore</i> Foto atau Chat Lebih Gampang
Cara mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus (Makuseof)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kini, hampir berbagai bentuk komunikasi kita lakukan melalui aplikasi WhatsApp. Mulai dari mengirim pesan, panggilan telepon, panggilan audio, hingga kebutuhan produktif seperti mengirimkan gambar, video, atau audio.

Namun, semakin sering kita menggunakannya, semakin banyak pula error atau kesalahan yang ditemui. Baik kesalahan layanan yang berasal dari aplikasi, akibat memori penuh, atau kesalahan pengguna.

Salah satu kendala yang kerap dialami pengguna yakni pesan WhatsApp yang tak sengaja terhapus. Jika pesan tersebut tak terlalu penting, tentu hal ini tak akan jadi soal. Tapi, jika sebaliknya, Anda pun bakal panik.

Di bawah, tim VOI sudah menyiapkan tutorial cara mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus. Jadi, tak perlu risau atau panik. Langsung jalankan langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengembalikan Chat yang Terhapus

Beruntungnya, mengembalikan chat yang terhapus bukanlah perkara sulit. Asal, Anda sudah mengaktifkan fitur backup data WhatsApp.

Namun, jika fitur tersebut Anda nonaktifkan karena membuat konsumsi daya baterai terlalu banyak, harap tenang. Masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan. Begini penjelasan langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Manajemen File atau File Manager pada ponsel Anda
  2. Buka folder WhatsApp, lalu pilih menu Databases
  3. Selanjutnya, Anda akan melihat sejumlah file dengan awalan ‘mgstore…’, Ini adalah file backup data chat yang dibuat oleh aplikasi
  4. Untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus, Anda perlu sedikit memodifikasi nama file backup tersebut. Pilih file yang paling atas, misal msgstore.db.crypt12 lalu ganti namanya menjadi msgstre-latest.db.crypt12
  5. Untuk mengganti nama, ketuk dan tahan beberapa saat file tersebut hingga muncul menu baru. Pilih menu Ganti Nama, lalu Anda bisa mengetukkan nama baru seperti contoh di atas
  6. Jika file pada ponsel Anda memiliki kombinasi angka waktu (YYYY-MM-DD) misal msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12, ubah jadi msgstore.db.crypt12.
  7. Kemudian, Uninstall lalu Install ulang aplikasi WhatsApp Anda
  8. Begitu terpasang, login kembali menggunakan nomor yang Anda pakai sebelumnya. Lalu, klik restore untuk mengembalikan file backup

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di WA

Hampir mirip. Tapi tidaklah benar-benar sama. Untuk mengembalikan file foto atau video yang terhapus di whatsapp, Anda bisa melakukan langkah berikut ini.

Bagi pengguna ponsel Android, Anda cukup membuka aplikasi File Manager lalu masuk ke folder WhatsApp dan pilih folder Media. Di dalamnya, Anda bisa memilih salah satu folder untuk kemudian mencarinya secara manual.

Sedangkan bagi pengguna iPhone, ponsel Anda selalu membuat file cadangan dari setiap gambar yang tersimpan. Anda bisa mengaksesnya lewat Camera Roll. Sehingga, saat foto atau video terhapus, Anda pun bisa lebih mudah untuk mengembalikannya.

Nah, itulah cara mengembalikan chat yang terhapus di WhatsApp. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk mengatasi kendala ini.